Senin, 23 Desember 2013

BAB I
 ASPEK UMUM DAN LEGALITAS

1.1 Latar Belakang
Sebagai  Negara  berkembang,  sektor  usaha  vulkanisir  ban  merupakan  salah  satu  usaha
yang pesat perkembanganya, seiring dengan banyaknya perusahaan-perusahaan dibidang
transportasi. Maka usaha sektor vulkanisir ban sangat menguntungkan.
Krisis moneter juga merupakan salah satu dampak meningkatnya harga kebutuhan, salah
satunya dibidang transportasi, harga ban baru yang makin melonjak.
CV. RAJAWALI merupakan perusahaan jasa vulkanisir ban yang telah meraih pasar di
daerah-daerah  yang  ada  di  pulau  Sulawesi  Utara  seperti  Manado,  Tomohon,  dan  lain
sebagainya. Seiring dengan meningkatnya permintaan pelayanan jasa vulkanisir ban CV.
RAJAWALI
CV. RAJAWALI memberikan pelayanan kepada para perusahaan-perusahan transportasi
ke  berbagai  daerah  di  Sulawesi  Utara,  atau  bisa  dikatakan  CV.  RAJAWALI  akan
menyuplai  ke  daerah-daerah  yang  membutuhkan  banyak  ban,  baik  masih  dalam  taraf
mentah.  CV.  RAJAWALI  juga  akan  mengekspor  ke  berbagai  daerah  yang  banyak
membutuhkan ban tapi sudah dalam taraf siap pakai.

1.2 Kepemilikan Usaha
1.2.1 Susunan Pengurus
Susunan pengurus perusahaan adalah sebagai berikut:
  Komisaris utama. : Temy Nusa
  Komisaris. : Janis Ulaen
  Direktur : Thomas A.E Peloan
1.2.2 Struktur Permodalan.
MODAL DASAR  ANGGARAN
Modal dasar perusahaan sesuai dengan
yang tercantum pada akta notaris
Rp. 150.000.000,-
Jumlah modal yang telah di setor pada
saat pendirian perusahaan
Rp. 150.000.000,-


1.3 Dasar Hukum Usaha
CV. RAJAWALI di dirikan berdasarkan akta nomor 17, tanggal 07 Juli 2009, dihadapan
notaris Bpk. Dedy Karto Ansiga, SH di Manado - Sulut
Identitas, perusahaan adalah sebagai berikut :
Nama      : CV. RAJAWALI
Alamat Kantor  : Jl. Mutiara No.69, Kelurahan Bahu Ling.VI, Kec. Malalayang –
                            Manado, 95115.


BAB II
VISI DAN MISI


II.1 Visi Perusahaan
CV.RAJAWALI merupakan suatu perusahaan ban vulkanisir yang menjadi “brand
image” di pasaran, berkembang mengedepankan kualitas dan selalu inovatif.


II.2 Misi Perusahaan

CV. RAJAWALI memiliki misi untuk dapat mewujudkan tujuan dari visi yang
dicapai, antara lain :
  Memproduksi dan memasarkan komoditi utama (core business)
  Melaksanakan pengelolaan operasional perusahaan dengan sasaran profitisasi dan
pertumbuhan perusahaan, yang mengarah pada kelangsungan hidup perusahaan.
  Menerapkan teknologi tepat guna sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya
saing tinggi.







BAB III
 PEMASARAN

III.1 Pendahuluan
  Setelah  tahun    2005  perusahaan  transportasi  di  Indonesia  mulai  bermunculan
seiring  dengan  membaiknya  keadaan  ekonomi.  Dengan  banyaknya  perusahaan
transportasi maka produk ban menjadi sangat di butuhkan.
  Selain  mencoba  untuk  memperbanyak  produksi  ban,  kami  juga  melakukan
peningkatan  kinerja  serta  efektifitas  kerja  dari  perusahaan  suplai  kami.  Dengan
berjalannya waktu dan bukti pelayanan  yang baik yang dapat kami berikan menambah
kepercayaan para pelanggan kami, sehingga omset kami semakin bertambah dari waktu
ke waktu.
  Berdasarkan  berbagai  pertimbangan,  maka  CV.  RAJAWALI  bermaksud  akan
mengembangkan usahanya, mengingat perkembangan dan prospek bisnis yang selama ini
di kelola sangat baik kemajuannya.

III.2 Starategi Pemasaran
CV.  RAJAWALI  telah  melakukan  kerja  sama  dengan  berbagai  perusahaan  yang
berhubungan dengan tranportasi, lalu lintas dan bahan produksi. Dimana masing-masing
perusahaan  saling  mendukung  dan  melaksanakan  operasi  bisnisnya.  Dengan  salah  satu
strategi  ini  akan  membantu  memperlancar  pemasaran  dan  juga  akan  meningkatkan
efisiensi perusahaan dalam mencari perusahaan tranportasi baru serta dapat menghambat
perkembangan kompetitor.
CV.  RAJAWALI  akan  memperhatikan  beberapa  masalah  yang  dapat  menghambat
perusahaan seperti dengan cara mamberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan
peningkatan berbagai hasil produk ban yang sedang dibutuhkan saat ini.
Di  samping  itu  dengan  pembuatan  brosur-brosur  dan  di  sebarkan  ke  berbagai  wilayah
akan  sedikit  menambah  pengetahuan  orang  tentang  adanya  perusahaan  ini.  Diskon
hargapun akan diperoleh guna menarik peminat untuk disuplei produk-produk dari CV.
RAJAWALI.
III.3 Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran meliputi:
1.  Pemilihan  pasar  dengan  terlebih  dahulu  mengadakan  survey  pasar  untuk
mengetahui potensi pasar dan keinginan konsumen.
2.  Melakukan penelitian pasar, pengumpulan data secara terus menerus.
3.  Melakukan penelitian pasar berkala.
4.  Menentukan  kebijakan  harga  jual  dan  beli  dengan  memperhitukan  biaya
operasional dan juga mempertimbangkan saingan dari perusahaan yang sejenis.
5.  Menjaga dan menepati jadwal penyelesaian order ke konsumen serta relasi usaha
lainya.






BAB IV
PROSES PRODUKSI

Pada proses produksi ban vulkanisir, CV. RAJAWALI akan melewati tahapan-tahapan
sebagai berikut :
1.  Pemeriksaan awal
Proses ini dilakukan dengan menyeleksi ban untuk menguji kelayakan apakah ban
dapat  divulkanisir  atau  tidak,  sekaligus  untuk  menjamin  hasil  vulkanisir  yang
terbaik. Tahap ini dilakukan oleh teknisi yang telah dilatih dan mendapat sertifikat
dari Bandag USA.
2.  Pemarutan (Buffing)
Pada  tahapan  ini  sisa  telapak  ban  diparut  sesuai  dengan  kondisi  pemakaian,
sehingga  menjamin  pemakaian  telapak  ban  yang  merata.  Pemarutan  dilakukan
dengan mesing yang dirancang khusus oleh Bandag USA.
3.  Skivving dan Cementing
Pada  tahap  ini  ban  diperiksa  untuk  menjamin  ban  benar    –  benar  bersih  dari
kotoran sehingga dapat menjamin pemakaian bahan kimia yang merata pada ban.
Selanjutnya  dilakukan  penyemprotan  bahan  kimia  yakni  campuran  cement,
solvent,  dan  hexane  untuk  meratakan  permukaan  ban  sekaligus  sebagai  perekat
pada ban.
4.  Perbaikan (Repairing)
Pada  tahap  perbaikan  ini,  ban  yang  mempunyai  luka  ditambal  dengan
menggunakan bahan repair untuk mengembalikan kekuatan ban seperti semula.
5.  Pemasangan telapak (Building)
Pemasangan  telapak  ban  menggunakan  perekat  khusus  (cushion  gum),  dan
dikerjakan dengan mesin yang dirancang khusus sehingga menjamin penempatan
telapak ban yang sempurna. Setelah itu ban dibungkus dengan plastik kemudian
dengan  amplop  ban  (envelope)  yang  terbuat  dari  karet  fleksibel  untuk
membungkus ban dan telapak sehingga tidak merubah bentuk ban asli.
6.  Pemeriksaan akhir (Final Inspection)
Tahap  akhir  ini  dilakukan  oleh  teknisi  untuk  menjamin  hasil  vulkanisir  dengan
mutu yang terbaik. Pada CV. Rajawali setiap bahan yang diproduksi akan selalu
diproses menjadi produk jadi setiap harinya, sehingga tidak terdapat barang dalam
proses.











BAB V
 PROYEKSI KEUANGAN

V.1 Biaya investasi
Dalam pengembangannya, CV. RAJAWALI memerlukan biaya investasi dan tambahan
modal sebesar,
Rincian biaya-biaya investasi tersebut adalah :
Biaya Investasi Bangunan  Anggaran
1. Sewa Tanah & Bangunan  Rp. 15.000.000,-
2. Peralatan kantor  Rp. 15.000.000,-
3. Peralatan gudang  Rp .60.000.000,-
4. Bahan produksi
Rp. 60.000.000,-

Jumlah  Rp.150.000.000,-

V.2 Sumber Dana
Pembangunan  dan  pengembangan  CV.RAJAWALI  akan  dibiayai  dengan  dana  yang
berasal dari  Modal awal Rp. 150.000.000,- maka :
  T O T A L I N V E S T A S I       Rp. 150 .000.000,-

5.3 Asumsi-asumsi proyeksi keuangan
  Biaya operasional
Data biaya operasional tahun 2011 adalah :
1. Biaya general dan administrasi
  Gaji dan upah karyawan :  Gaji per-bulan (6 pegawai)  Rp. 3.600.000,-
2. Administrasi dan umum :
  Alat tulis kantor             Rp. 200.000,-
  Transportasi               Rp. 6.000.000,-
  Telephone dan Listrik            Rp. 1.500.000,-
   Administrasi lainnya             Rp. 500.000,-
  Biaya Pemeliharaan             Rp. 9.000.000,- +
T O T A L                  Rp. 20.800.000,-




BAB VI
 CARA PRODUKSI DAN PERHITUNGAN LABA RUGI

VI.1 Cara Prouksi atau Mendapatkan barang
Untuk mendapatkan ban bekas yang berkualitas sebelum diproses menjadi ban Vulkanisir
ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas ;
1.  Kondisi ban bekas masih layak pakai
2.  Tidak mengalami Goresan
3.  Ban bekas tidak Kembung
4.  Pecah-pecah
Untuk mendapatkan satu unit ban Vulkanisir dengan kualitas tertentu membutuhkan kira-
kira 5 Kg Rubber Compound adalah bahan utama pembentuk karet ban.
Daftar harga Rubber Compound menurut kualitas karet yang dihasilkan :
  HG Rp. 32.500,- /Kg
  SG Rp. 32.300,- /Kg
  BG Rp. 29.500,- /Kg
  WG Rp. 29.300,- /Kg
  EG Rp. 26.500,- /Kg
  CT Rp. 29.350,-/Kg
  CG HC Rp. 34.500,-/Kg
Dan bahan bakar untuk menghasilkan satu unit ban Vulkanisir membutuhkan sekitar 1
liter Solar dengan Rp. 4.300,-

VI.2 Perhitungan Laba Dan Rugi
Jadi untuk menghasilkan satu unit ban vulkanisir dengan bahan Rubber Compound tipe
HG adalah ;
  Tipe 1000
- Ban bekas berkualitas        Rp. 350.000,-
- Rubber Compound          Rp. 162.500,-
- 1 Lt bahan bakar         Rp. 6.000,-  +
Total             Rp. 518.500,-
  Tipe 512
- Ban bekas ukuran          Rp. 50.000,-
- Rubber Compound          Rp. 162.500,-
- 1 Lt bahan bakar         Rp. 6000,-  +
Total             Rp. 218.800,-
Dimana, satu unit ban Vulkanisir ukuran 1000 > dijual sebesar Rp. 775.000,- maka dapat
diperoleh  laba  sebesar  Rp.  256.500,-  .  Sedangkan  satu  unit  ban  Vulkanisir  ukuran
512>dijual sebesar Rp. 525.000,- maka dapat diperoleh laba sebesar Rp. 306.200,-
  Harga Perbandingan
Tipe Ban  Perusahaan X  Perusahaan Y  CV. Rajawali
Tipe 1000  Rp. 825.000,-  Rp. 800.000,-  Rp. 775.000,-
Tipe 512  Rp. 570.000,-  Rp. 575.000,-  Rp. 525.000,-

  NPV (Net Present Value)
-  PVpenerimaan = 200.000.000 / ( 1 + 0,18 )1  = Rp. 169.491.525 ,-
-  PVinvestasi     = 150.000.000 / ( 1 + 0,18 )0 = Rp. 150.000.000,-
 
  Maka Net Present Value yang dihasilkan adalah :
    NPV = PVinvestasi + PVpenerimaan
    NPV =  – 150.000.000 + 169.491.525 = Rp 19.491.525,-

  IRR (Internal Rate of Return)




  Maka Internal Rate of Return yang dihasilkan adalah :

IRR = 0,18 +            19.491.525              ( 0.19 - 0.18 )
                      (19.491.525 -18.067.227)

    IRR = 0,32 ( 32 % )

  PBP (Pay Back Period)
  Maka Pay Back Period yang dihasilkan adalah :
PBP   = 150.000.000,-
      19.491.525,-
PBP  = 7 ½ Bulan

 2 1
12
1
1
()
ii
VPNNPV
NPV
RR Ii


BAB IV
PENUTUP

  Kesimpulan dari uraian  diatas dapat saya simpulkan bahwa, ban vulkanisir dari
CV.  RAJAWALI  mempunyai  kualitas  dan  daya  saing  yang  sangat  tingi  pada  erea
pemasaran bagi para konsumen di daerah Sulawesi Utara.
  Setelah anda sudah membaca proposal ini dan ingin mencoba untuk menggunakan
hasil produksi ban vulkanisir dari CV. RAJAWALI  yang memiliki kualitas yang sangat
bagus ,anda merasa sangat puas, karena bukan hanya dari segi kualitas barang saja yang
sangat  bagus  melainkan    dari  harganya  yang  sangat  ekonomis  untuk  anda  memilihnya
ditengah-tengah  dunia  persaingan  bisnis  ban  vulkanisir  yang  ada  di  daerah  Sulawesi
Utara ini.
  Demikian proposal ini saya buat apabila ada yang kurang dalam kata-kata mohon
kritik  dan  sarannya.  Akhir  kata,  saya  mengucapkan  terima  kasih  kepada  Bpk/i,Sdr/i.
Tuhan memberkati.


              Komisaris Utama CV. RAJAWALI


                         
       Temy Nusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar