Nuryanto
Muljodipo
|
090213003
|
|
Manajemen Dan
Kewirausahaan
Proposal SMK Komputer
|
|
|



Kata Pengantar
Segala puji bagi Tuhan Yang maha Esa. Yang
telah melimpahkan berbagai rahmat dan nikmat kepada kita semua, atas kehendak
dan petunjuknya kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal ini dengan lancar.
Proposal ini disusun untuk memenuhi salah satu
syarat pengajuan pendirian sekolah menengah kejuruan (SMK) Ranomut yang
terletak di jalan Maesa, yang merupakan implementasi untuk pengembangan Sumber
Daya Manusia (SDM) Indonesia pada umumnya Dan Masyarakat Manado pada khusunya.
Dalam proposal ini kami gambarkan secara umum
tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pendirian SMK tersebut, yang
meliputi kesiapan penyelenggaraan, dan rencana penggunaan dana subsidi.
Meskipun telah diupayakan secara maksimum agar proposal ini tersusun dengan
baik dan sistematis. Namun kami menyadari keterbatasan kemampuan yang dimiliki,
maka saran dan perbaikan dari semua pihak sangat kami harapkan.
Besar harapan kami proposal ini dapat diterima
dan direalisasikan sesuai dengan tujuan yang direncanakan.
Manado, Oktober 2013-10-16
Kepala SMK Ranomut
Kepala SMK Ranomut
Nuryanto Muljodipo
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
A. Latar Belakang
BAB II
VISI,MISI,TUJUAN DAN SASARAN
A. Visi dan Misi
B. Tujuan
C. Sasaran
A. Visi dan Misi
B. Tujuan
C. Sasaran
BAB
IV TINJAUAN
PEMBUATAN SEKOLAH DIDASARKAN PADA BEBERAPA ASPEK
A. Aspek Pasar
B. Aspek Pemasaran
C. Aspek Teknis
D. Aspek Keuangan
A. Aspek Pasar
B. Aspek Pemasaran
C. Aspek Teknis
D. Aspek Keuangan
Bab I
Pendahuluan
Pendahuluan
- Latar Belakang
Sasaran umum pembangunan jangka panjang adalah
terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia pada umumnya
yang maju dan mandiri didalam suasana tentram dan sejahtera lahir batin, dalam
tata kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara yang berdasarkan pancasila.
Manusia dan masyarakat yang maju dan mandiri adalah manusia dan masyarakat yang
berkualitas utuh, yaitu yang beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian,
mandiri, maju, produktif, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai tanggung
jawab kesetiakawanan social dan disiplin tinggi.
Sejalan dengan hal tersebut, undang-undang tentang system Pendidikan
Nasional menyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia
dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. Setiap warga Negara mempunyai hak yang
sama untuk memperoleh pendidikan serta kesempatan seluas-luasnya untuk
mengikuti pendidikan agar memperoleh pengetahuan, kemampuan, keterampilan yang
berkualitas.
Berdasarkan skala intelegensi Wechter. Munandar (1992) menyatakan anak berbakat intelektual tergolong “sangat unggul” (IQ >130) berjumlah 2,2% dan tergolong “unggul” (IQ 120-129) berjumlah 6,7% dari populasinya. Keuntungan lain dengan penyelenggaraan sekolah SMK ini untuk memacu pemerataan kualitas pendidikan nasional. Dari segi efektifitas penggunaan sumber daya, penyelenggaraan sekolah SMK memiliki nilai strategis dalam memacu keterlibatan dunia swasta untuk turut berperan serta secara aktif dalam pembangunan pendidikan. Dengan adanya pengembangan ciri-ciri keunggulan tertentu yang sesuai dengan kekhasan potensi ekonomi, social dan budaya daerah setempat, penyelenggaraan sekolah unggulan memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan.
Berdasarkan skala intelegensi Wechter. Munandar (1992) menyatakan anak berbakat intelektual tergolong “sangat unggul” (IQ >130) berjumlah 2,2% dan tergolong “unggul” (IQ 120-129) berjumlah 6,7% dari populasinya. Keuntungan lain dengan penyelenggaraan sekolah SMK ini untuk memacu pemerataan kualitas pendidikan nasional. Dari segi efektifitas penggunaan sumber daya, penyelenggaraan sekolah SMK memiliki nilai strategis dalam memacu keterlibatan dunia swasta untuk turut berperan serta secara aktif dalam pembangunan pendidikan. Dengan adanya pengembangan ciri-ciri keunggulan tertentu yang sesuai dengan kekhasan potensi ekonomi, social dan budaya daerah setempat, penyelenggaraan sekolah unggulan memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan.
Bab II
Visi, Misi,Tujuan, dan Sasaran
Visi, Misi,Tujuan, dan Sasaran
A. Visi dan
Misi
Ø
Visi SMK adalah :
1. Peningkatan kualitas SDM bagi tenaga kependidikan dan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
2. Unggul peningkatan prestasi akademis.
3. Unggul dalam bidang computer.
4. Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif.
1. Peningkatan kualitas SDM bagi tenaga kependidikan dan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
2. Unggul peningkatan prestasi akademis.
3. Unggul dalam bidang computer.
4. Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif.
Ø
Misi SMK
adalah :
1. Siswa mampu mengoprasikan computer program Microsoft Word, Microsof Excel, Microsoft Power Point 85% serta mampu mengoprasikan Internet
2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal.
1. Siswa mampu mengoprasikan computer program Microsoft Word, Microsof Excel, Microsoft Power Point 85% serta mampu mengoprasikan Internet
2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal.
B.
Tujuan
SMK ini didirikan bertujuan untuk:
1.
Membantu
memanifestasian tujuan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
2.
Mencetak
Out Put dan Out Comes yang berkualitas
- Sasaran
Dengan memperhatikan Visi, Misi dan Tujuan sekolah yang
kondusif beserta permasalahnya yang dihadapi sasaran pokoknya adalah :
1.
Peningkatan
mutu dan wawasan siswa dalam dunia IPTEK
2.
Peningkatan
dan penyempurnaan Lab. Komputer.
3.
Berusaha dan
meningkatkan mutu dan menuju SMK Unggulan
Bab III
Tinjauan Pembuatan Sekolah Didasarkan Pada Beberapa Aspek
Tinjauan Pembuatan Sekolah Didasarkan Pada Beberapa Aspek
- Aspek Pasar
Proses pendidikan yang berkualitas dan kesempatan untuk dapat
menikmati pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat miskin dan tidak mampu
dapat memberikan harapan baru pada masyarakat yang tidak mampu untuk dapat
menikmati pendidikan yang layak dan bermartabat yang akan membawa harapan baru
yang lebih baik dimasa mendatang. Hal ini dikarenakan pendidikan sementara ini
masih menjadi dominasi masyarakat ekonomi kelas menengah dan kelas atas.
Tabel
1.1

- Aspek Pemasaran
Strategi yang akan dilakukan adalah dengan membuat berbagai
seminar untuk meyakinkan pada orang tua betapa pentingnya pendidikan, pentingnya
wajib belajar 12 tahun dan juga untuk tidak memperkerjakan anak hanya untuk
membantu nafkah orang tua mereka karena tuntutan ekonomi keluarga.
- Aspek Teknis
- Rencana
Anggaran Biaya Pembangunan Sekolah
A. Pekerjaan
Persiapan
1.
Pekerjaan
Persiapan Lahan
RENCANA
|
BIAYA
|
Pembersihan
Lahan
|
Rp.
4.000.000
|
Pagar
Pengaman Proyek
|
Rp.
3.000.000
|
Jumlah
|
Rp.7.000.000
|
2.
Mobilasi
Alat
ALAT
|
BIAYA
|
Genset
|
Rp.1.000.000
|
Jumlah
|
Rp.1.000.000
|
B. Unit
Bangunan
1.
Pembangunan
Ruangan Kelas, Lab. Komputer, dan Toilet
PEKERJAAN & BAHAN
|
BIAYA
|
Pondasi
|
Rp.
300.000.000
|
Struktur Lantai Dasar
|
Rp.
120.000.000
|
Pasangan Tela
|
Rp.
50.000.000
|
Kusen, Pintu dan Jendela
|
Rp.
15.000.000
|
Plesteran
|
Rp.
60.000.000
|
Lantai
|
Rp.
30.000.000
|
Plafon
|
Rp.
100.000.000
|
Atap
|
Rp.
20.000.000
|
Pengecetan
|
Rp.
60.000.000
|
Listrik
|
Rp.
7.000.000
|
Sanit Air
|
Rp.
5.000.000
|
Jumlah
|
Rp. 767.000.000
|
2.
Pembangunan
Lap. Olahraga
PEKERJAAN & BAHAN
|
BIAYA
|
Struktur Dasar
|
Rp.
15.000.000
|
Pemasangan Rumput
|
Rp.
50.000.000
|
Jumlah
|
Rp. 65.000.000
|
C. Unit
– Unit Perlengkapan
NAMA PERLENKAPAN
|
BIAYA
|
Perlengkapan
Kelas ( 3 Ruangan)
|
Rp.
15.000.000
|
Perlengkapan
Lab.Komputer
|
Rp.
100.000.000
|
Perlengkapan
Lap.Olahraga
|
Rp.
2.000.000
|
Perlengkapan
Toilet
|
Rp.
1.000.000
|
Jumlah
|
Rp. 118.000.000
|
Jumlah Pembangunan
Sekolah
|
Rp. 950.000.000
|
2.Rencana
Pendapatan Sekolah
Rencana
anggaran adalah dengan cara penerimaan angaran dari Pemerintah atau BOS
(Bantuan Anggaran Sekolah ) dan Juga Penerimaan dari Siswa – Siswi Sekolah
Menengah Kejuruan Ranomut.
Rencana
Pendapatan/Tahun
|
Biaya
per Siswa/Tahun
|
Jumlah
Siswa
|
|
Bantuan
Operasional Siswa (BOS)
|
Rp.1.200.000
|
60
|
Rp.
72.000.000
|
SPP
|
Rp.1.200.000
|
60
|
Rp.
72.000.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp. 144.000.000
|
Jumlah Pendapatan
Sekolah Setiap Tahun
|
Rp. 144.000.000
|
Jadi, Investasi Rp. 1.000.000.000 dengan
bunga sebesar 15% dan pendapatan pertahunya adalah Rp. 144.000.000.
4.Aspek
Keuangan
- Payback Period

Sehingga nilai
Payback Period nya adalah 6 tahun 9 bulan. Artinya dana yang tertanam dalam investasi sebesar Rp. 1.000.000.000 akan dapat diperoleh kembali dalam jangka waktu 6 Tahun 9
Bulan.
- Net Present Value
(NPV)
Tahun
|
Kas
Bersih
|
DF
( 15%)
|
PV
Kas Bersih
|
1
|
Rp.144.000.000
|
0,869
|
Rp.
125.217.391
|
2
|
Rp.144.000.000
|
0,756
|
Rp.
108.884.688
|
3
|
Rp.144.000.000
|
0,657
|
Rp.
94.682.337
|
4
|
Rp.144.000.000
|
0,571
|
Rp.
82.332.467
|
5
|
Rp.144.000.000
|
0,497
|
Rp.
71.593.449
|
|
Total
PV Kas Bersih
|
|
Rp. 482.710.202
|
Perhitungan Discount Factor :





NPV nya adalah
Rp. 482.710.202 – Rp. 1.000.000.000 = Rp. – 517.289.798
Jadi, menurut
data yang diatas investasi sebanyak Rp. 1.000.000.000 tidak bisa dikembalikan
hanya dalam 5 Tahun karna hasilnya tidak layak.
- Internal Rate Of Return (IRR)
Bunga 15%
Tahun
|
Kas
Bersih
|
DF
( 15%)
|
PV
Kas Bersih
|
1
|
Rp.144.000.000
|
0,869
|
Rp.
125.217.391
|
2
|
Rp.144.000.000
|
0,756
|
Rp.
108.884.688
|
3
|
Rp.144.000.000
|
0,657
|
Rp.
94.682.337
|
4
|
Rp.144.000.000
|
0,571
|
Rp.
82.332.467
|
5
|
Rp.144.000.000
|
0,497
|
Rp.
71.593.449
|
|
Total
PV Kas Bersih
|
|
Rp. 482.710.202
|
Bunga 10%
Tahun
|
Kas
Bersih
|
DF
( 10%)
|
PV
Kas Bersih
|
1
|
Rp.144.000.000
|
0,909
|
Rp.
130.909.090
|
2
|
Rp.144.000.000
|
0,826
|
Rp.
119.008.264
|
3
|
Rp.144.000.000
|
0,751
|
Rp.
108.189.331
|
4
|
Rp.144.000.000
|
0,683
|
Rp.
98.353.937
|
5
|
Rp.144.000.000
|
0,620
|
Rp.
89.412.670
|
|
Total
PV Kas Bersih
|
|
Rp. 545.873.292
|

Jadi, menurut hasil data diatas IRR nya adalah 38,21%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar