PROPOSAL USAHA TOKO
KOMPUTER
(SOFTWARE &
HARDWARE)
“DM COMPUTER”
Disusun Oleh : Dadang
Hermanto Makalalag | 110216091
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SAM
RATULANGI
TAHUN AJARAN
2013/2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan : DM Computer
Alamat
perusahaan : Jl. Daan Mogot, No. 37 Kotamubagu
No.
Telp : (021) 440646
1.2. Nama dan Alamat Pemilik
Nama
pemilik : Dadang Makalalag
Alamat
pemilik : Jl. Siladen RT/01 RW/04, Manado
No.
Telp : 089642370646
1.4. Informasi tentang bisnis yang
dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai
aneka macam perlengkapan perangkat keras alat-alat komputer (hardware) dan
perangkat lunak (software) yang bergaransi resmi.
Sebelum
kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun
maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan
kewirausahaan.
2.
Menyediakan kebutuhan perlengkapan
alat-alat komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer (software)
bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.
Mengurangi tingkat pengangguran.
4.
Menjalin persahabatan antara pelanggan
(konsumen), dan
5.
Mendapatkan keuntungan atau laba.
BAB II
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan
perangkat keras alat-alat komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer
(software), maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang up to date
dan mengerti akan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi perlengkapan perangkat
keras alat-alat komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer (software)
tersebut.
Perusahaan Bisnis DM
Computer ini berdiri atas kerja sama serta keinginan kami yang
memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang komputer, karena
seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga membutuhkan
perlengkapan alat-alat komputer serta perangkat lunaknya yang tentunya kami
jual secara resmi guna untuk memenuhi kebutuhan akan perlengkapan komputer
tersebut.
DM Computer didirikan
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang perlengkapan perangkat keras
alat-alat teknologi IT yang tentunya kami jual dengan garansi resmi serta legal
secara hukum.
2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
perlengkapan perangkat keras alat-alat komputer (hardware) serta perangkat
lunaknya (software).
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan
pelanggan.
Motto : ”
DM Computer : Everything Official Warranty”
2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di
Ruko-ruko perumahan Komp. Daan Mogot karena berada tidak jauh dari Mall Daan
Mogot, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan
lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan
didatangi.
2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini
tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x
8m.
2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul
09.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.
2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable
and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di
tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan
yang memuaskan.
2.7. Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur
promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line
di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi
atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis DM Computer akan lebih mudah
dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8. Target Pelanggan
Target pelanggan DM
Computer adalah : seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan
perangkat keras komputer dan perangkat lunak, serta kawasan perkantoran guna
untuk memenuhi kebutuhan dari sistem komputerisasi masing-masing, dan mengembangkan
dan memperbaiki serta meningkatkan sistem komputernya.
BAB III
ANALISIS
INDUSTRI
3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan, khususnya dalam hal teknologi komputer dengan lokasi yang
strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan
akan kebutuhan alat-alat perangkat keras komputer (Hardware & Software) di
kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Daan Mogot serta kawasan Perkantoran
di Ruko Daan Mogot pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha perlengkapan alat-alat perangkat
keras komputer (hardware) dan perangkat lunak (software) ini masih belum
terdapat sebuah tempat usaha jenis tersebut yang bergaransi resmi dan legal,
maka dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan bergaransi resmi dan
legal serta dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan
dimasuki
DM
Computer membidik
pasar dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan serta
bergaransi resmi. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas
dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar
usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan
usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan perlengkapan alat-alat
komputer dapat dipenuhi, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan
teknologi, maka kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah.
Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi
kebutuhan pasar.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan perlengkapan
alat-alat komputer dan software lainnya sehingga menghabiskan cukup banyak
hardware serta software dalam sehari, belum termasuk aksesoris perlengkapan
komputer lainnya yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya
diperkantoran yang ingin mengganti hardware yang rusak serta ingin memiliki
software penunjang bisnis perkantoran yang terbaru.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan
memiliki beberapa keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
·
Bermacam-macam merek beserta garansi
resmi dari masing-masing merek tersebut.
Kegunaan
produk :
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi
dan manfaat.
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa
keistimewaan, diantaranya :
·
Harga terjangkau oleh kemampuan
konsumen,
·
Kualitas produk terjamin
·
Bergaransi resmi
4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha toko komputer ini kami rancang
dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya
perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik
untuk konsumen.
Perusahaan DM Computer terletak Jl. Daan Mogot,
No. 37 Kotamubagu. Toko ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah
perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk
dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar karena merupakan
jalan utama.
4.3. Personalia dan Perlengkapan
Kantor
Pemilik
: Dadang
Makalalag
Penanggung
Jawab : Suryadi Sumingrat
Sekretaris
: Vany Lestari
Bendahara
: Danang Sudiro
BAB V
RENCANA
PRODUKSI
5.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan DM Computer ini
dapat dilihat sebagai berikut :
Supplier Resmi→DM Computer →Konsumen
5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber supplier hardware maupun software, kami
mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi
resmi dan telah teruji kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan
berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
BAB VI
RENCANA
PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan
akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup
matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga
jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan
dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Processor
|
> Rp. 350.000,-
|
2
|
HardDisk
|
> Rp. 400.000,-
|
3
|
Motherboard
|
> Rp. 500.000,-
|
4
|
Memory
|
> Rp. 70.000,-
|
5
|
Printer, Scaner
|
> Rp. 450.000,-
|
6
|
LCD/LED
|
> Rp. 700.000,-
|
7
|
Software Antivirus, Original, OS, dll
|
> Rp. 400.000,-
|
8
|
Aksesoris lainnya
|
Rp. 10.500,- s.d Rp. 200.500,-
|
6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi
intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan
dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·
Membuat pamflet-pamflet berisi produk –
produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia internet
baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat katalog-katalog mengenai yang
sedang promo / diskon.
BAB VII
PERENCANAAN
ORGANISASI
7.1. Job Description
·
Pemilik usaha bertugas untuk memantau
jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
·
Sekretaris bertugas untuk membuat
surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·
Bendahara bertugas untuk membuat
laporan keuangan setiap bulannya.
·
Penanggung jawab bertugas untuk
bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di Toko dan
bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani
pelanggan.
·
Karyawan bertugas melayani para
pelanggan dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.
7.2. Latar Belakang Tim
Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari
orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang
berhubungan dengan usaha Toko perlengkapan alat-alat komputer tersebut. Selain
itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status
Kepemilikan Usaha :
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan
untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro DM Computer
yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik
toko.
BAB VIII
RISIKO
8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha
(Analisis SWOT)
·
Strength (Kekuatan)
1.
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif
2.
Dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan
3.
Memberikan pelayanan terbaik terhadap
pelanggan
4.
Menjual produk yang berkualitas
·
Weaknes (Kelemahan)
1.
Persaingan pasar dengan perusahaan yang
berskala nasional
2.
Berubahnya kondisi perekonomian
·
Oportunity (Peluang)
1.
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas
produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan
perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.
Saat ini dengan belum adanya perusahaan
dengan bidang usaha sejenis di Komp. Daan Mogot, membuat kami yakin bahwa
kedepannya perusahaan kami akan maju.
·
Threaty (Ancaman)
: Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi
perusahaan kami, dengan beraneka ragam promosi diskon.
8.2. Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap
kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya
toko-toko yang menjual perlengkapan alat-alat perangkat keras dan software yang
lebih murah ataupun toko yang berskala internasional.
Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang
mengunjungi toko lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami
selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya bergaransi
resmi dari berbagai merek yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk
datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN
PERMODALAN
9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian DM Computer yaitu dari
pemilik toko sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan
dalam bidang perdagangan.
9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya
produksi per tahun terdiri dari :
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 20.000.000,-
|
|
Hardware dan software yang dijual
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya Opening dan Promosi awal
|
Rp. 5.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 60.000.000
,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 685.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik Rp.
12.000.000,-
· Asuransi Rp.
11.000.000,-
· Transportasi Rp. 6.500.000,-
· Administrasi
Rp. 4.500.000,-
· Pajak Rp. 2.750.000,-
· Pemeliharaan
gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
685.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp.
727.750.000,-
9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk usaha ini kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30%
dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar
950 lebih juta unit pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun
adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun. Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah
bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan
untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
9.4. Analisis titik Impas (BEP)
Untuk menganalisis titik impas dari produk kami, kami
mengambil sampel dari jenis kaos dengan. Biaya tetap yang anda keluarkan adalah
50.000.000. Biaya variabelnya sebesar 500.000 ribu rupiah per unit. Kemudian
anda berencana menjual macam-macam jus buah tersebut dengan harga 5 ribu rupiah
per gelas. Maka titik impas atau BEP-nya adalah :
1.
BEP (dalam unit) = 250.000 : (5.000 – 3.000) = 125 unit.
2.
BEP (dalam rupiah) = 250.000 : 1 – (3.000 : 5.000) = 625000 rupiah.
Catatan :
jadi,
anda harus berjualan jus buah sebanyak 125 gelas atau menjual sebesar 625 ribu
rupiah agar anda mencapai titik impas. Maksudnya adalah 125 gelas atau 625 ribu
rupiah tadi sudah bisa anda gunakan buat bayar semua pengeluaran usaha jus anda
tanpa anda harus rugi.
Dan
apabila anda mampu menjual 126 gelas, berarti yang satu gelas tadilah
keuntungan anda. Paham kan? Kesimpulannya adalah apapun tipe bisnis anda, di
awal anda melangkah, usahakan selalu menghitung berapa titik impas atau BEP
produk anda. Jadi anda sudah punya bayangan, oo…harus jual segini tho agar
usahaku aman. Atau oo…harus dapat pemasukan segini buat bisa jalan lagi.
Analisa Keuangan 4 Tahun Mendatang.
(Note
: Perkiraan Break Event Point Pada Tahun Ketiga).
9.5. Perencanaan Laba Rugi (CASH FLOW)
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan
gedung dan peralatan
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 60.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 67.000.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Harddisk dan software yang dijual
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 600.000.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp. 6.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 36.700.000,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 703.700.000,-
|
|
· Pendapatan
|
||
Penjualan aneka hardware dan software
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 960.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
|
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 256.300.000,-
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar