PROPOSAL BISNIS RESTAURANT
Disusun Oleh :
Nuryanto Muljodipo
090213003
UNIVERSITAS SAM RATULANGI
FAKULTAS
TEKNIK
MANADO
2013
BAB I
RINGKASAN
1.1.
Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari – hari pada
umumnya orang sangat membutuhkan yang namanya energi untuk bisa melakukan
segala macam aktivitas. Untuk itu agar tubuh kita memperoleh energi untuk
beraktivitas, maka tubuh kita memerlukan karbohidrat. Oleh karena itu, untuk
mendapatkan karbohidrat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang
bergizi. Untuk mendapatkan makanan-makanan yang bergizi, kita bisa memasaknya
sendiri, tetapi kebanyakan
orang mencari makanan- makanan instant atau yang tersedia di restaurant-
restaurant.
Biasanya restaurant-restaurant yang ada
di kota-kota besar kebanyakan menyatu dengan hotel-hotel. Alasannya kenapa
restaurant-restaurant menyatu dengan hotel-hotel, dikarenakan market
potensialnya kebanyakkan dari pengunjung hotel tersebut. Namun dengan
berjalannya waktu, banyak restaurant bermunculan dengan tidak menyatu atau join
dengan hotel.
Dengan seiringnya waktu pula para owner
restaurant bersaing, dalam
persaingan tersebut para owner saling menonjolkan keunikan dari restaurantnya.
Keunikan yang ditonjolkan, misalnya saja dari desain dan interior ruangan,
menu-menu yang disajikan, pelayanan, dan lain-lain. Namun kebanyakan dari
restaurant-restaurant yang ada hanya menonjolkan satu atau dua keunikan dari
keunikan yang ada. Sehingga para pengunjung kurang merasakan kapuasannya,
bahkan para pengunjung harus membayar mahal untuk menikmatinya.
Untuk itu demi memenuhi tuntutan para
customer kami menawarkan solusinya. Konsep restaurant yang ingin kami rancang
yaitu bernama Anto Family restaurant yaitu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu terdiri
dari ruangan restaurant utama, garden, dan lounge. Bagian pertama yaitu
restaurant utama, dimana restaurant ini berada dalam satu ruangan besar yang
didalamnya terdapat meja makan 20–30 meja, di taman ada sekitar 20 meja, dan
dilounge ada sekitar 20 meja yang dipadukan dengan sofa yang semuanya diatur
bervariasi.
Suasana yang ditonjolkan yaitu
restaurant dengan konsep entertaint, dimana para pengunjung bisa menikmati live
music dan request lagu-lagu kesukaan para pengunjung. Untuk pengunjung yang
menyukai suasana kafe dapat masuk ke lounge dan untuk pengunjung yang menyukai
suasana alam dapat memilih untuk duduk ditaman.
1.2.
VISI DAN MISI
VISI
·
Untuk
memenuhi tuntutan pasar konsumen.
·
Untuk
memberikan kepuasan yang lebih baik kepada konsumen.
·
Untuk
menghadirkan suasana yang beda dengan restaurant-restaurant lainnya.
·
Untuk
mengetahui selera para konsumen.
·
Untuk
mengukur kecenderungan akan kebutuhan para konsumen.
MISI
·
Saya berkomitmen
untuk membentuk tim yang solid yang dapat melayani secara professional serta
mempunyai etika bisnis yang baik.
·
Menjaga standarisasi
dalam menyediakan makanan dan minuman yang segar, sehat, lezat, bervariatif dan
higenis dengan harga yang bersaing.
·
Menciptakan atmosfer
yang natural dan relax dengan fasilitas-fasilitas yang menunjang demi meningkatkan
kenyamanan pelangan.
·
Saya berkeyakinan
bahwa kepuasan pelangan, adalah kunci untuk keberhasilan Restoran dalam
memperoleh keuntungan, mempertahankan keberadaan dan mencapai pertumbuhan.
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1. Analisis Permintaan dan Pemasaran Serta Proyeksi
Dari data yang saya dapat dan survey
pada pasar yang sama (modern restaurant) adalah persentase terbesar yang
menjadi favorit para penjajah makanan di Manado. Ada banyak alasan yang menjadi Key Factor why they like it
(variable food), misalnya karena dapat memilih makanan yang mereka suka pada
umumnya dan ada yang bilang iseng saja mencoba dan akhirnya malah Ketagihan. Oleh karena itu kami juga mempunyai
menu yang khusus yang mejadi ciri khas restaurant kami. Hal ini mengingat pasar
potensial adalah para profesional, eksekutif, family, remaja.
Dekorasi ruangan yang terpusat pada
kenyamanan customer menjadi salah satu prioritas kami. Semua ini bertujuan demi
kemudahan customer dalam mendapatkan apa saja yang ia inginkan saat berada di
restaurant kami. Dekorasi ruangan yang modern yang dipadukan dengan nuansa
sunda menjadi pilihan kami untuk ruangan utama yang dapat langsung menikmati
live musik. Dekorasi yang simple tapi tetap menghadirkan nuansa romantis
dikhususkan bagi ruang lounge. Saya menempatkan minimal satu orang waiterss
untuk 1 meja. Pelayanan yang ramah dan nyaman akan anda dapatkan dari pertama
kali anda menginjakkan kaki di restaurant Saya. Pelayanan kami menggunakan
teknologi komunikasi dan informasi yang handal dan pastinya up to date. Ini
semua demi tercapainya customer comfortable.
2.2. Proyeksi
Setelah dipaparkan dalam latar belakang
bahwa manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas rutinnya. Saya yakin bahwa bisnis makanan yang
akan saya jalankan ini akan tetap hidup dan menjadi one stop place untuk para
penjajah makanan dan juga pecinta makanan Indonesia, Variable food dapat
menyatu di restaurant kami dipadukan dengan atmosfere modern yang kami terapkan
sebagai dekorasi ruangan kami. Restaurant kami buka mulai jam 10.00 WIB until
23.000 WIB untuk Week day dan jam 10.00 WIB until 02.00 WIB untuk Week end.
Range harga yang kami tawarkan bervariasi mulai dari Rp 10.000-Rp 85.000 per
porsi, minuman mulai dari Rp 3.000-Rp 60.000 per gelas, untuk cemilan dan
hidangan penutup dari Rp 5.000-Rp 20.000. Selain itu kami menyediakan wine
dengan range harga mulai dari Rp 300.000-Rp 1.500.000.
BAB III
ASPEK MANAJEMEN
Indonesia
Specialties :
1.Ayam Goreng Mentega : Rp 36.000
( Fried Chicken
butter Sauce, buttered Fried Chicken Served with Rice, Sambal, dan Kerupuk )
2.Gurame Goreng : Rp 26.000
( Served with Rice,
Lalapan, Sambal, dan Kerupuk )
3.Ikan Mas goreng : Rp 20.000
( Fried Golden Fish
Served with Rice, Lalapan, Sambal dan Kerupuk)
4.Aneka Sate : Ayam, Sapi, Kambing,
Campur : Rp 30.000
( Served with Rice,
Sambal, dan Kerupuk )
5.Bakmi atau Bihun Goreng : Rp 15.000
( Served with acar
and sambal )
6.Soto Madura: Rp 15.000
( The Indonesia Clear
Chicken Soup )
7.Nasi Goreng Special : Rp 27.000
( Served with Fried
Chicken, Egg, and Seafood )
8.Kerapu Bakar Saus Padang : Rp 20.000
(Served with rice,
lalapan, dan sambal)
Chinese
Food :
1.Fu Young Hay : Rp 18.000
( Three egg,
Omellete, with Sweet Sour Sauce )
2.Chop Sue : Rp 25.000
( Stir Fried
Combination of Vegetable )
3. Udang Kristal : Rp 21.000
4.Pangsit Udang Mayonaise : Rp 19.000
5.Spicy Chicken & Hot Noodle : Rp
25.000
( Disajikan dengan
Nasi dan Sayuran )
6.Ayam Saus Mentega : Rp 25.000
( Disajikan dengan
Nasi, Sayuran dan Tahu Jepang )
7.Combo Tepanyaki : Rp 25.000
( Disajikan dengan
nasi dan sayuran )
8.Grilled Spicy Chicken : Rp 25.000
( Disajikan dengan
Nasi dan Sayuran )
9.Steamboat Swet : Rp 27.500
( Disajikan dengan
Nasi, Sayuran, dan Tahu Jepang )
10.Chicken Miso Ramen : Rp 20.000
(
Disajikan dengan telur dan sayuran )
Western Food :
1.Tenderloin Steak “ Chasseur “ : Rp
36.000
(
Daging Sapi local panggang dengan Saus Jamur )
2.Imported Filled Mignon Maitre De
Restaurant: Rp 75.000
( Steak Daging import
dengan Saus mentega )
3.Breaded Fried Of Beef : Rp 38.000
4.Mixed Grilled : Rp 36.000
5.KaKap ala Menirre : Rp 27.500
4.Mixed Grilled : Rp 36.000
5.KaKap ala Menirre : Rp 27.500
( Ikan kakap goreng
mentega )
6.Chicken In The Basket : Rp 30.000
( Ayam goreng panir
dalam keranjang, dengan kentang goreng )
7.Spaghetti Bolognaise/Milannaise : Rp
27.500
( Spaghetti dengan
saus daging ala Italia )
8.Imported Beef Tenderloin Pepper Sauce
Black : Rp 85.000,-
(
Daging panggan import saus lada hitam, dihidangkan dengan kentang goreng )
9.Chopped Steak A’la Mayer : Rp 40.000
( Daging cincang
panggang saus jamur, dihidangkan dengan kentang dan sayuran )
10.Sirloin Steak: Rp 30.000
(
Disajikan dengan French Fries & Mix Vegetable ).
11.Tenderloin Steak : Rp 30.000
(
Disajikan dengan French Fries & Mix Vegetable )
Special
Food :
1. Nasi Goreng Kampung : Rp 20.000
(Nasi goreng
dihidangkan dengan ikan teri goreng kacang, sambal terasi + lalapan)
2.Beef Brokoli with mushroom sauce : Rp
25.000
(Daging Sapi Asap
dicampur dengan Brokoli + saus mushroom)
3.Ayam
Panggang : Rp 36.000
(
Half Srilled Chicken with Soya Sauce Served with Rice, Sambal, dan kerupuk )
4.Sop Buntut Goreng / Bakar the choco:
Rp 38.000
( Clear Fried Oxtail
Soup Served with Rice ).
5.Grilled Spring Chicken : Rp 43.000
( Ayam Muda Bakar
dihidangkan dengan Kentang Goreng dan Sayuran ).
6.Mie Goreng ala Choco: Rp 27.500
( Stir Fried Noodle
Served with Acar dan Sambal ).
Dessert
:
1.Tropical
Fresh Fruit Sliced : Rp 12.500
(
Irisan buah segar : pepaya, nanas, melon, dan semangka)
2.Assorted Ice Cream : Rp 11.500
(
Es krim : vanilla, coklat, strawberry )
3.Pisang Goreng : Rp 10.000
( Deep fried banana
with vanilla sauce )
4.Cake Of The Day : Rp 10.000
(
Ask our captain for selection of cake as you like )
Drink
List :
Squashes Dan Juices
1. Orange Juice : Rp 15.000
2. Tomato Juice : Rp 15.000
3. Pineapple Juice : Rp 15.000
4. Orange Squash : Rp 12.500
5. Lemon Squash : Rp 12.500
6. Fruit Punch: Rp 12.500
5. Lemon Squash : Rp 12.500
6. Fruit Punch: Rp 12.500
Hot/Ice
Drinks :
1. Hot/Ice Tea : Rp 5.000
2.Hot/Ice Cofee : Rp. 9.000
3.Hot/Ice Chocolate Milk : Rp. 11.000
4.Hot/Ice Cappucino : Rp. 14.500
3.Hot/Ice Chocolate Milk : Rp. 11.000
4.Hot/Ice Cappucino : Rp. 14.500
Beers
1. Draught Beer : Rp. 22.000
2. Beer Small : Rp. 17.500
3. Beer Large : Rp. 25.000
4. Guineess Stout : Rp. 25.000
5. Carlsberg : Rp. 25.000
6. Sam Miguel : Rp. 25.000
2. Beer Small : Rp. 17.500
3. Beer Large : Rp. 25.000
4. Guineess Stout : Rp. 25.000
5. Carlsberg : Rp. 25.000
6. Sam Miguel : Rp. 25.000
Aperitifs
1. Red Or White Cinzano : Rp. 35.000
2. Dry Or Sweet Sherry : Rp. 35.000
3. Campari : Rp. 35.000
2. Dry Or Sweet Sherry : Rp. 35.000
3. Campari : Rp. 35.000
Hi
Balls / Long Drinks by Glasses
1. Gin Dan Tonic : Rp. 35.000
2. Scotch Dan Soda : Rp. 35.000
3. Rum Dan Coke : Rp. 35.000
4. Brandy Dan Ginger Ale : Rp. 35.000
5. Singapore Sling : Rp. 35.000
6. Planters Punch : Rp. 35.000
7. Tom Collins : Rp. 35.000
2. Scotch Dan Soda : Rp. 35.000
3. Rum Dan Coke : Rp. 35.000
4. Brandy Dan Ginger Ale : Rp. 35.000
5. Singapore Sling : Rp. 35.000
6. Planters Punch : Rp. 35.000
7. Tom Collins : Rp. 35.000
Premium
Scoth by Glasses
1. Chivas Regal : Rp. 60.000
2. J.W. Black Lable : Rp. 60.000
Cocktails
Dan Wines by Glasses
1. Martini Coktail : Rp 35.000
2. Manhhattan : Rp 35.000
3. Daiquiri : Rp 35.000
4. Whisky Sour : Rp 35.000
5. Monalisa : Rp 35.000
6. Old Fashioned : Rp 35.000
7. Brandy Alexander : Rp 35.000
8. Glass Of Red Or White Wine : Rp 35.000
2. Manhhattan : Rp 35.000
3. Daiquiri : Rp 35.000
4. Whisky Sour : Rp 35.000
5. Monalisa : Rp 35.000
6. Old Fashioned : Rp 35.000
7. Brandy Alexander : Rp 35.000
8. Glass Of Red Or White Wine : Rp 35.000
Cognag
Dan Liquers by Glasses
1. Hennessy Martell V.S.O.P. : Rp
60.000
2. Remy Martin V.S.O.P. : Rp 60.000
3. Crème ( De Menthe ) : Rp 60.000
4. Tia Maria : Rp 35.000
5. Drambuie : Rp 35.000
6. Benedictine ( DOM ) : Rp 35.000
2. Remy Martin V.S.O.P. : Rp 60.000
3. Crème ( De Menthe ) : Rp 60.000
4. Tia Maria : Rp 35.000
5. Drambuie : Rp 35.000
6. Benedictine ( DOM ) : Rp 35.000
Soft
Drink and Water
1. Green Sand : Rp 12.500
2. Soda, Coke, 7-Up, Tonic : Rp 12.500
3. Fanta, Sprite : Rp 8.500
4. Aqua : Rp 3.000
5. Krating Daeng : Rp 12.500
2. Soda, Coke, 7-Up, Tonic : Rp 12.500
3. Fanta, Sprite : Rp 8.500
4. Aqua : Rp 3.000
5. Krating Daeng : Rp 12.500
BAB IV
ASPEK SUMBER DAYA ALAM
4.1.PROMOSI
Melalui Media :
·
Radio
15 X 1 Minggu = Rp
1.000.000/60 Detik
·
Media
Cetak Harian
Koran
Pikiran Rakyat = 50.000/hari
·
Internet
·
Spanduk
Lebar 90 cm X 3 m =
Rp 120.000
·
Brosur
2000 Lembar = Rp
460.000,-
4.2. Saluran Distribusi
Bagi para costumer yang tidak sempat
datang ke restaurant ini, restaurant ini menyediakan pelayanan delivery dalam
jarak tertentu. Sehingga
para costumer masih bisa menikmati hidangan makanan tanpa harus datang ke
restaurant langsung. Dalam pelayanan delivery ini, restaurant menyediakan alat
transportasinya berupa motor bila costumer memesan menu hidangan dalam partai
kecil, dan mobil bila costumer memesan menu hidangan dalam partai besar
Alat transportasi yang digunakan
didesign secara khusus, agar makanan yang akan diantar tidak mengurangi rasa
sehingga tetap fresh sampai ketempat costumer. Dengan begitu costumer tidak
merasa dikecewakan. Restaurant ini menjamin apabila hidangan/makanan saat
sampai ke tempat costumer tidak fresh, maka pihak Restaurant akan memberikan
potongan harga/discount dari setiap menu yang tidak fresh. Tetapi bila costumer
meminta untuk ditukarkan dengan menu yang sama maka pihak Restaurant akan
menukarkanya dengan menu yang sama.
Untuk menghindari kemungkinan seperti
ini terjadi, pihak kami selalu mengecek akan kondisi kendaraan yang akan
digunakan apabila tetap terjadi kesalahan dalam hal ini yang harus bertanggung
jawab, yaitu orang yang bertugas dalam pengecekkan kondisi kendaraan tersebut.
Tetapi apabila kesalahan dilakukan oleh orang yang bertugas mengantarkan
makanan akibat kesalahannya sendiri, maka
petugas/orang yang mengantar makanan tersebut yang harus bertanggung jawab akan
kesalahan ini, untuk itu kedisiplinan dan kecermatan disini sangat
diutamakan.
Dengan demikian saluran distribusi yang
digunakan oleh restaurant kami yaitu direct selling, dimana penjualan dilakukan secara
langsung kepada customernya, tanpa menggunakan atau bekerja sama dengan pihak
jasa lainnya.
4.3. Strategy Marketing
Konsep restaurant yang dirancang
memiliki dekorasi yang bernuansakan modern. Sehingga para customer bisa
merasakan suasana tempat yang terdiri dari tiga bagian yaitu resto, garden, dan
lounge tanpa harus berpindah ketempat lain. Untuk itu agar para customer
mengetahui apa saja yang restaurant ini hadirkan, maka pihak restaurant melakukan
strategi marketingnya seperti melalui media elektronik dan media cetak seperti
televisi, radio, internet, dan spanduk. Untuk media radio kami bekerja sama
dengan stasiun radio swasta, untuk menyiarkannya kepada publik. Media radio
kami gunakan karena dapat didengarkan dimana saja, baik dirumah, dimobil,
ataupun dengan menggunakan handphone. Selain itu kami menggunakan spanduk dan
brosur – brosur.
Keputusan Strategi
Langkah – langkah yang akan diambil
dalam keputusan strategi yaitu :
· Memberikan harga promosi saat launching
· Memberikan costumer satisfaction good
· Menghadirkan suasana yang diharapkan
para costumer
· Menghadiakan menu-menu yang variatif,
agar costumer tidak bosan
BAB V
TEKNIS DAN TEKNOLOGIS
5.1. Pemilihan
Peralatan Dan Teknologi
Pemilihan peralatan
setiap restaurant pasti menggunakan peralatan untuk memasak serta peralatan
pada waktu makan, secara mendetail mungkin peralatan itu tidak dapat disebutkan
satu per satu tetapi pada intinya peralatan yang digunakan untuk peralatan
didapur adalah kitchen set dan peralatan yang digunakan pada waktu makan salah
satunya table set.
5.2. Proses Produksi
Proses produksi yang
restaurant kami lakukan, yaitu mengenal bahan baku makanannya. Untuk jenis
bahan baku masakan Indonesia restaurant kami mendatangkan langsung dari
hasil-hasil perkebunan yang berkualitas tinggi, sehingga para costumer bisa
menikmati makanan dengan kualitas yang baik. Untuk jenis bahan baku yang
berkualitas ini restaurant kami bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha/supplier
perkebunan sayur-mayur. Untuk jenis bahan baku makanan Chinese restaurant kami
bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha dari Negara Cina, Jepang, dan
lain-lainnya. Untuk bahan baku yang tidak ada di Indonesia kami didatangkan
langsung dari negara-negara tersebut. Begitu juga untuk western foodnya
restaurant kami mendatangkan langsung dari negara-negara barat, misalnya saja
untuk bahan baku daging-daginnya, kami memilih yang berkualitas tinggi/terbaik.
Jadi, para customer tidak perlu khawatir akan kualitas makanannya yang terbuat
dari daging import.
5.3.
Lokasi
Sering kita dengar salah satu faktor
kegagalan suatu badan usaha dikarenakan salah penempatatan/salah memilih lokasi
badan usaha tersebut. Untuk industri yang bergerak dalam bidang jasa, hal ini
harus benar-benar dipertimbangakn dengan baik karena badan usaha ini termasuk
kedalam badan usaha yang letaknya dipengaruhi oleh faktor- faktor ekonomi.
Dalam hal ini Chocolaire Restaurant dipengaruhi oleh keadaan pasar (konsumen).
Berdasarkan hasil pengamatan kami dan juga tidak mau
mengulang kesalahan dari para pendahulu, maka kami memutuskan untuk memilih
lokasi restaurant Manado, yakni di daerah Manado Utara, tepatnya di kawasan Mega
mas . Adapun beberapa alasan mengapa kami memilih Mega mas. Seperti yang kita
ketahui kawasanmega mas sekarang ini dapat katakan sebagai one stop place (like
the supermarket) disini kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan mulai dari
restaurant, hotel, gallery, factory outlet, health center and office tower,
serta memiliki akses jalan melalui beberapa daerah diantaranya Cikutra dan
Tubagus Ismail. Melihat berbagai macam mobilitas yang terjadi di kawasan ini
kami merasa telah menjatuhkan pilihan di tempat yang benar, meskipun harus
bersaing dengan para kompetitor di kawasan yang sama pada khushusnya dan
kompetitor yang akan bermunculan pada umumnya. Kami sangat yakin bahwa usaha
yang telah kami pilih ini dapat menghadapi masalah-masalah yang ada di bisnis restaurant
itu sendiri, lagipula siapa bilang pesaing adalah musuh abadimu, mereka adalah
kreativitas yang tersimpan di alam bawah sadarmu mereka yang dapat menilai
apakah bisnis yang kami jalankan ini layak atau tidak.
5.4.
Penilaian Kelayakan
Penilaian kelayakan akan aspek produksi
( teknis dan teknologi ) yang kami telah lakukan, maka dalam proses ini kami
menyatakan layak. Karena diaspek ini menyediakan kualitas bahan baku yang
berkualitas terbaik, dan menyajikan masakan-masakan yang sesuai selera para
customer. Dengan penyajian yang sangat memuaskan, sedangkan lokasi yang
restaurant kami pilih sangatlah strategis dan sangat berpotensial.
BAB
VI
ASPEK
KEUANGAN
6.1.
Net Present Value ( NPV )
Net Present Value diperhitungkan dari selisih antara present
value benefit dengan present value cost. Setelah dihitung dengan discount
factor sebesar 16%. Didapat nilai present value pada awal restoran didirikan
masih negatif, hal ini karena besarnya beban biaya investasi awal yang harus
tersedia sedangkan operasional usaha belum terlaksana. Untuk lebih jelasnya
perincian besarnya nilai NPV terdapat dibawah ini.
NPV = ( - 150.000.000 + 33.112.714 + 29.587.528 +
26.536.407 + 23.618.719 + 21.323.096 + 18.820.273
+ 16.584.083 + 15.147.556 + 13.089.199 + 11.919.305 )
NPV = 59.738.886
Dari hasil perhitungan NPV dengan menggunakan discount
factor didapatkan nilai pada akhir analisa sebesar Rp. 59.738.886.. Karena NPV lebih besar dari 0, maka
investasi yang ditanamkan dalam usaha
6.2.
Internal Rate Of Return ( IRR )
Fungsi Internal rate Of Return ( IRR ) adalah menghitung
tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang
permintaan kas bersih (inf low ) dimasa mendatang. Atau perhitungan IRR untuk
melihat tingkat diskonto atau tingkat bunga yang menyamakan PV Cash In Flow dengan
PV Cash Out Flow. Dalam IRR diasumsikan dana yang didapat dari proyek
diinvestasikan kedalam restoran dengan biaya modal sebesar IRR.
IRR = 0.24 = 24%
Setelah dilakukan perhitungan dengan memasukkan kedalam
rumus diperoleh nilai IRR sebesar 24%. Karena nilai IRR yang didapat lebih
besar dari tingkat suku bunga, maka usaha tersebut layak untuk diterima dan
diteruskan investasi.
6.3.
Net Benefit Cost Ratio ( Net B/C )
Net Benefit Cost Ratio adalah perbandingan dari jumlah
Present Value Net Benefit yang bernilai positif dengan Present Value Net
Benefityang bernilai negatif. Terjadi pada tahun ke 0 dan dari tahun ke 1
sampai akhir periode analisis nilai Net Benefit Cost Ratio adalah positif. Untuk
lebih jelasnya nilai Net Benefit setiap tahun selama periode analisis dengan
menggunakan discount factor 16% dan nilai investasi awal sebesar Rp.
150.000.000,00 dapat dilihat pada rumus dibawah ini
6.4.
Profitability Index ( PI )
Profitability Index merupakan rasio PV dana yang masuk netto
( Net Cash In Flow ) dengan investasi semula atau ( PV Cash Out Flows ). Untuk
lebih jelasnya nilai net cash inflow setiap tahun selama periode analisis denga
menggunakan discount factor 16% dan investasi awal Rp. 150.000.000,00 dapat
dilihat pada rumus dibawah ini :
=
1,39
Setelah
dilakukan perhitungan, diperoleh nilai
Profitability Index sebesar 1,39. Karena nilai
Profitability Index yang didapat lebih besar dari 1
( satu ), maka usaha tersebut layak untuk diterima dan
diteruskan investasi.
BAB VII
PENUTUP
7.1. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil analisis yang tergambar dalam pembahasan,menyangkut kelayakan dan prospek
kedepan usaha maka dapat disimpulkan :
1. Kelayakan Usaha
Untuk menyimpulkan kelayakan usaha di bidang restaurantdapat
dilihat dari aspek-aspek sebagai berikut.
a. Aspek Teknis
Pendirian Restaurant pada dasarnya diputusakan berdasarkan pendekatan
pasar, karena melihat kondisi kebutuhan akan suatu produk makanan yang menjadi
kebutuhan pokok yang berorientasi pada benefit. Dari hasil analisa teknik,
usaha restaurant akan berhasil bila didukung oleh ketersediaan sumber daya
manusia (tenaga kerja) yang terampil dan cekatan. Tahapan-tahapan operasional
kegiatan restaurant membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang siap untuk terjun
kedunia restaurant, sehingga hasil yang di kerjakan dapat sesuai dengan harapan
dan perjanjian yang telah disepakati. Selain itu juga membutuhkan tenaga
keuangan dan pemasaran yang professional meliputi persiapan usaha, pengaturan
keuangan dan penjualan, sehingga dapat dengan tepat mengatur dan memprediksi
mengenai analisa pasar kedepan terhadap hasil produk.
b. Aspek Finansial
Hasil aspek finansial dengan periode yaitu selama 1 tahun
kedepan, di dapat nilai NPV sebesar Rp. ……., IRR sebesar 24%, Net B/C sebesar
1,39, Gross B/C sebesar 1,03, PI sebesar 1,39, semua ini dianalisis dengan
menggunakan discount rate sebesar 16%, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha
ini dikatakan “layak”.
Perhitungan NPV, dapat memperlihatkan keuntungan yang
diperoleh pengusaha. Selama periode usaha selama 1 tahun arus kas bersih
setelah di discount dan dikurangi oleh biaya yang dikeluarkan pengusaha pertama
kali (biaya yang dikeluarkan untuk mendirikan dan sebelum proses dilakukan)
menunjukkan angka Rp. ……. Angka tersebut juga mencerminkan tingkat keuntungan
perusahaan untuk 1 tahun kedepan. Untuk menganalisa usaha jika dilihat dari
sisi ekonomi secara luas, bisa dihitung melalui perhitungan IRR. Perhitungan
IRR menghasilkan angka sebesar 24 %. Angka tersebut berarti tingkat bunga
maksimal yang berlaku dimasayarakat, dimana perusahaan masih memperoleh
keuntungan dengan usaha yang saat ini sedang dilakukan. Hasil perhitungan IRR,
juga dapat dibandingkan dengan bunga, yang dapat menganalisa tingkat keuntungan
dari investasi yang berbeda. Pada saat penelitian bunga yang berlaku pada
masyarakat yaitu 16%. Apabila pada saat itu bunga yang berlaku di masyarakat
sebesar 24%, maka pilihan investasi mana yang paling menguntungkan, mendirikan
restaurant atau investasi lain.Sedangkan Net B/C, Gross B/C dan PI, merupakan
perhitungan untuk menyimpulkan apakah usaha tersebut layak atau tidak.
c. Aspek Lokasi
Penentuan lokasi didekati melalui prinsip Trade Follow The
Ship (sebagai pembangkit). Dikatakan sebagai pembangkit karena dapat
mempercepat laju pertumbuhan daerah tersebut yaitu dengan terciptanya berbagai
kegiatan utamanya kegiatan jasa. Mengingat usaha ini merupakan salah satu usaha
jasa, maka kebijaksanaan penentuan lokasi harus mewadahi berbagai aspirasi baik
masyarakat, swasta maupun pemerintah. Secara luas, pembangunan restaurant
sangat membantu peningkatan kehidupan
dari lokasi dimana dilakukan proyek. Dari penelitian kami,
dengan usaha restaurant dapat membuka lapangan pekerjaan, dengan begitu
membantu kehidupan masyarakat sekitar baik yang berkerja di restaurant ataupun
yang membuka wirausaha disekitar lokasi. Dengan hasil tersebut maka analisa
dampak lingkungkungan masyarakat dapat menghasilkan hubungan positif sehingga
tidak mengganggu kehidupan sekitar.
d. Aspek Sosial
Dari aspek sosial dengan usaha ini menghasilkan respon
masyarakat setempat dan instansi terkait sangat tinggi, hal ini dapat meningkatkan
ekonomi masyarakat sekitar. Dilihat dari manfaat materiil yang akan dirasakan
masyarakat, usaha ini sangat membantu dalam memberikan lapangan kerja baik yang
bekerja di restaurant maupun diluar restaurant, yang dapat membantu
merealisasikan program pemerintah yaitu penurunan angka pengangguran dan
pengentasan kemiskinan.
e. Aspek Ekonomi
Pemerintah dalam menganalisa prospek usaha bagi perusahaan
memerlukan berbagai ketegori, apakah usaha tersebut menguntungkan atau tidak.
Ada factor yang menjadi landasan yaitu ekonomi dan finansial. Ada kalanya usaha
tersebut mampu mengangkat ekonomi setempat, namun merugikan bagi lingkungan
sekitar misalnya terjadinya polusi yang berdampak bagi kesehatan dan kenyamanan
warga. Dari penelitian kami, Chocolaire Restaurant secara financial dapat
membantu peningkatan penghasilan pemerintah dengan pembayaran pajak atas
bangunan dan usaha yang dilakukan tiap tahunnya. Secara ekonomi, usaha ini
sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak
yang lebih lanjut dapat digunakan untuk menambah subsidi pendidikan, Bahan
Bakar Minyak, membantu penurunan angka pengangguran dan kemiskinan dengan
penyerapan tenaga kerja pada restaurant maupun para penduduk yang bekerja
sebagai tenaga bantuan ataupun yang berbisnis di sekitar lokasi restaurant.
2. Prospek usaha
Dari aspek finansial, perhitungannya menghasilkan angka di
atas batas kelayakan. Dapat dikatakan prospek usaha ini sangat layak untuk 1
tahun kedepan. Dari sisi ekonomi dengan dikaitkan dengan faktor eksternal,
usaha ini sangat memberikanbenefit bagistakedo lders. Pemerintah dapat
memperoleh pendapatan dari pajak dan pengutan resmi yang telah ditentukan atas
pendirian usaha, pelaku usaha lain dapat keuntungan dari pembelian para karyawan,
masyarakat dapat meningkatkan taraf kehidupannya. Dengan adanya dukungan dari
pihak lain, maka kenyamanan berusaha akan tercipta.
7.2.
Saran
Untuk memajukan usaha kedepan perlu adanya tindakan-tindakan
perbaikan seperti terlihat dalam saran, yang sekiranya perlu diimplementasikan baik oleh pengusaha,
masyarakat setempat atau instansi terkait lainnya.
A.
Guna
menjamin keberhasilan dalam usaha restaurant, maka rencana harus dipersiapkan
dengan matang agar nantinya dalam proses kegiatan pembelian bahan baku,
operasional dan pemasaran dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan
yang diharapkan. Untuk memperoleh bahan baku yang ada guna menghasilkan produk
yang optimal dan efisien maka disarankan untuk menciptakan usaha baru misalnya
penyediaan produk sendiri, terutama sayuran. Sehingga pengolahan sayuran dari
barang setengah jadi menjadi barang jadi dapat dilakukan sendiri dan hal ini
diperkirakan dapat menciptakan efisiensi dalam perusahaan. Secara luas dengan
menciptakan usaha baru akan diikuti dengan bertambahnya tenaga kerja. Untuk
memperlancar transportasi pengambilan dan pengiriman barang serta mobilitas
usaha, diperlukan penambahan fasilitas kendaraan.
B.
Dengan
tingkat kelayakan usaha yang ada, perlu upaya pemupukan modal usaha, penataan manajemen keuangan agar dapat
mengembangkan, menciptakan lapangan kerja dan memanfaatkan potensi daerah
secara optimal. Serta perlu adanya penambahan modal dengan mengajukan kredit
kepada bank, agar aliran kas dapat berjalan dengan lancar, karena selama kami
mengadakan penelitian, pembelian bahan baku diperoleh dari pihak ketiga dan
pembayaran dari hasil restaurant dilakukan secara bertahap. Dengan kondisi
seperti ini dapat dimungkinkan terjadi lambatnya aliran kas.
C.
Walaupun
pengelolaan usaha ini tidak terlihat dampak negatifnya baik secara fisik
terhadap lingkungan dan kebudayaan setempat namun perlu kiranya perlu di
tingkatkan hubungan secara kekeluargaan dengan masyarakat sekitar untuk
mencegah konflik akibat kesenjangan ekonomi antara pemilik usaha, tenaga kerja
dan masyarakat.
gob
BalasHapus