PEMBUATAN WEBSITE PT. CLOUD CYCLE DENGAN
MENGGUNAKAN HTML5
|
LINDA JAYANTI
110216014
|
|
A. Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan
informasi dalam berkomunikasi, maka muncullah sebuah tuntutan dalam
menyampaikan informasi yang profesional dan informatif dalam dunia bisnis.
Penyampaian informasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara,
salah satunya adalah dengan menggunakan website.
Web
terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage.
Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman - halaman terkait berada di
bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page,
yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web. (Gregorius, 2000:30).
Website merupakan
salah satu alternatif dalam menyampaikan informasi dalam dunia bisnis dan juga
dianggap sebagai instruksi bisnis yang dapat memberikan kesempatan pertama
calon klien atau klien untuk mengenal informasi tentang perusahaan secara
informatif. Saat ini teknologi website berkembang dengan pesat website sudah
mengalihkan aplikasi dekstop yang selama ini kita kenal.
PT. Cloud Cycle adalah perusahaan jasa konsultasi sistem
dan teknologi informasi yang berdiri di Surabaya sejak tahun 2008. Website
digunakan untuk mengenalkan dan menampilkan portfolio perusahaan melalui
internet, bahkan website digunakan untuk kualifikasi tender. Diharapkan klien yang melihat website maka dapat menunjang kelancaran
bisnis perusahaan. Dengan mempunyai website maka perusahaan bisa selangkah
lebih maju daripada perusahaan lainnya.
Pembuatan website ada berbagai macam cara yang dapat digunakan digunakan,
salah satunya adalah bahasa pemrograman HTML5. Riset dari Ovum mengindikasikan
kalau para developer sudah mulai meninggalkan sistem pengembangan aplikasi yang
menggunakan Java dan Flash.Mereka sudah mulai fokus pada pengembangan aplikasi
dengan standar HTML5 yang dirasa lebih mudah untuk membuat aplikasi yang
kompatibel dengan berbagai platform.
Perkembangan HTML5 untuk perangkat mobile begitu cepat terutama untuk
mendukung format video dan audio. HTML5 didukung oleh berbagai platform untuk
menyampaikan konten di browser baik secara online maupun offline, termasuk di
dalam Google’s Android, Apple’s iOS, Microsoft’s Windows Phone, dan RIM’s
BlackBerry. Dengan HTML5 akan menjadikan tampilan desain website lebih menarik
dan memungkinkan penyampaian pesan kepada klien lebih informatif dan efisien.
Diharapkan dengan adanya penyampaian pesan kepada konsumen melalui multimedia
berupa website maka akan membantu perusahaan agar lebih efektif dan efisien
dalam mengenalkan perusahaan dan meningkatkan ketertarikan klien dan dapat
didukung oleh beberapa platform.
B. Rumusan Masalah
Perumusan masalah dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah:
- Bagaimana membuat desain website PT Cloud
Cycle dengan menggunakan HTML5?
- Bagaimana menerapkan HTML5 secara maksimal dalam pembuatan desain
website PT Cloud Cycle dengan konsep minimalis?
- Bagaimana penyajian informasi dan portfolio yang ada
di PT Cloud Cycle
ini dapat sampaikan dengan baik dan mudah diakses oleh user?
C. Batasan Masalah
Batasan masalah dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah:
1.
Website yang dibuat adalah website yang bersifat
dinamis.
2.
Tampilan desain akan selalu menyertakan logo
perusahaan dan tema yang hampir sama untuk meningkatkan daya citra perusahaan.
3.
Desain multimedia ini membidik konsumen kalangan
kelas menengah keatas dan menarik perhatian konsumen agar tertarik untuk
bergabung dengan perusahaan PT Cloud Cycle on.
4.
Bahasa pemrograman yang dipakai adalah
HTML5 dan PHP dengan beberapa pendukung yaitu javascript, jquery dan CSS.
5.
Bentuk konsep desain yang menarik dan
informatif lebih diutamakan dalam pembuatan company profile PT Cloud Cycle.
6.
Informasi yang dimasukkan ke dalam
website sepenuhnya berasal dari PT Cloud Cycle.
D. Tujuan
Tujuan dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah:
1.
Untuk
membuat desain website yang informatif dan efisien dalam mengenalkan PT Cloud Cycle kepada calon
klien atau klien.
2.
Untuk
menciptakan website yang bersifat dinamis dengan menggunakan PHP.
3.
Untuk membuat desain website yang
menarik dengan menggunakan HTML5.
4.
Untuk mengetahui langkah-langkah
pembuatan website yang baik dan mudah diakses oleh user.
E. Manfaat
Yang diharapkan dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah:
1.
Membantu
PT Revtech Solution dalam mengenalkan perusahaan mereka di dunia maya dengan cara yang lebih informatif dan menarik
kepada klien.
2.
Mengetahui
dan menerapkan perkembangan HTML5 di dunia maya.
3.
Memberikan
masukan kepada masyarakat bahwa website sangatlah penting untuk proses
pengenalan perusahaan.
F. Landasan Teori
F.1 Gambaran Umum Perusahaan
PT. Cloud Cycle adalah
perusahaan jasa pengembangan dan konsultasi sistem dan teknologi informasi
berpusat di Surabaya sejak tahun 2008. PT. Cloud
Cycle menyediakan layanan antara lain: pembuatan dan pengembangan perangkat lunak
sistem informasi, keamanan dan jaringan komputer, serta layanan konsultasi dan
pelatihan sistem dan teknologi informasi.
Gambar 1 Logo dan Nama Perusahaan
Melalui tenaga-tenga profesional yang terampil,
kompeten, berdedikasi dan menjunjung etika bisnis, PT. Cloud
Cyclesenantiasa melayani partner kami dengan solusi bisnis yang terintegrasi dan
tepat guna dengan interface yang user
friendly, mudah digunakan pengguna dan siap dikembangkan seiring kemajuan
dan perkembangan perusahaan.
Visi perusahaan
ini adalah untuk menjadi
perusahaan terkemuka yang profesional, handal dan terpercaya dalam pengembangan
sistem dan teknologi informasi berkualitas bagi solusi bisnis perusahaan.
Misi:
1.
Menyediakan
solusi bisnis dan layanan (services)
terpercaya kepada partner demi tercapainya tujuan pengembangan sistem dan
teknologi informasi perusahaan partner.
2.
Mengembangkan
sistem dan teknologi informasi yang berkualitas, reliabel, efektif dan efisien
serta mudah dalam penggunaan, pemeliharaan dan pengembangan oleh partner.
3.
Berkontribusi secara aktif dalam mengembangkan
dan memajukan sistem dan teknologi informasi serta sumber daya manusia dalam
masyarakat.
F.2 Pengertian Website
Website
merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling
terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang
dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman
- halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage
disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.
(Gregorius, 2000, h:30).
Website awalnya
merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink,
yang memudahkan surfer atau pengguna
internet melakukan penelusuran informasi di internet. Informasi yang disajikan
dengan web menggunakan konsep multimedia, informasi dapat disajikan dengan
menggunakan banyak media, seperti teks, gambar, animasi, suara, atau film.
F.2.1 World Wide Web (www)
Www (World Wide Web) adalah sebuah metode
baru yang berjalan di dunia internet
yang akhir - akhir ini berkembang dengan cepat. (Bunafit Nugroho, PHP & MySQL dengan Editor Dreamweaver
MX, 2004, h : 1)
World
Wide Web yang juga disebut web didefinisikan sebagai
sistem interkoneksi komputer internet
(disebut server) yang mendukung dokumen- dokumen
berformat multimedia (Williams & Sawyer, 2007).
F.2.2
Internet
Internet adalah jaringan komputer di
seluruh dunia yang menghubungkan atau
bahkan ratusan jaringan yang lebih kecil, misalnya: jaringan pendidikan, komersial, nirbala, dan
militer bahkan jaringan jaringan individual
(Williams & Sawyer, 2007).
F.2.3
Jenis-jenis website
Berdasarkan
pengoperasiannya, ada 2 jenis website secara umum, yaitu website statis (Static
Website) dan Website
Dinamis (Dynamic Website).
1. Static Website
(Website Statis)
Website Statis hanya memiliki front end, yaitu
halaman-halaman situs yang bisa diakses oleh pengunjung. Biasanya web jenis ini
hanya dibuat dengan kode HTML
(hypertext markup language) dan biasanya dilengkapi dengan script javascript dan flash untuk memperindah tampilan.
Konten
website statis tidak dapat diupdate.Jika ingin merubah isi website statis,
harus merombak kode-kode HTMLnya dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang
mengerti bahasa HTML.Website statis hanya bisa mengirimkan data ke dalam
database yang berbentuk xml, sedangkan untuk memanggil data masih belm bisa.
Pembuatan website seperti ini relatif sangat mudah tapi kurang baik untuk
popularitas di mata search engine sehingga perlu usaha lebih banyak
untuk mempopulerkan website statis dan mendatangkan pengunjung, misalnya dengan
beriklan. Website statis biasanya berupa company profile sederhanya,
brosur online, atau situs-situs yang berisi informasi sederhana yang tidak
perlu dirubah.
2. Dynamic Website (Website Dinamis)
Website Dinamis
biasanya memiliki front-end
dan back end.Front
end adalah halaman-halaman situs yang bisa diakses pengunjung, sedangkan back-end
yang biasa disebut CMS
(content management system)
atau biasa juga disebut Admin Area, atau kalau di dunia blog dikenal
dengan namaDashboard, berfungsi untuk mengupdate halaman-halaman front-end.
Jadi halaman back end biasanya hanya bisa diakses oleh pemilik atau
pengelola situs dengan username dan password yang telah
ditetapkan.
Ada berbagai macam bentuk halaman back-end yang
dibuat sesuai kebutuhan. Pada back-end atau admin area ini kita bisa merubah isi
tulisan2 pada halaman situs, menambah tulisan atau artikel baru, mengupdate
katalog produk seperti pada toko online, mengupdate
portfolio, mengatur iklan
yang tampil di halaman situs jika ada, mengontrol user atau member situs dan
lain-lain.
Website dinamis juga bisa dibuat interaktif dimana pengunjung
atau user bisa meninggalkan komentar, menuliskan artikel baru dan lain-lain
tergantung fungsi dan tujuan situs tersebut.
Berbeda dengan website statis, pembuatan website dinamis jauh
lebih rumit dan komplikatif tergantung fitur-fitur yang diinginkan.Yang pasti
untuk membangun sebuah web dinamis tidak cukup dengan bahasa HTML biasa tapi
juga harus mengabungkan antara Web
Sever (Apache, IIS, Tomcat),bahasa pemograman/script yang
bekerja di sisi server tersebut (PHP,
Perl, ASP dll) serta database.
Website dinamis memiliki berbagai tipe dan terus berkembang
berdasarkan, fungsi, fitur dan tujuan pembuatannya, antara lain:
a.
News Site (Situs Berita)
Website ini biasanya
berisi artikel-artikel atau berita-berita yang diupdate secara rutin.Pada
beberapa situs, pengunjung atau user bisa meninggalkan komentar. Contoh:
Detiknews, Antaranewsdan BBC.
b.
Social Network Site (Situs Jejaring Sosial)
Website ini
digunakan untuk berinteraksi sosial. Seperti Friendster,
MySpace, Facebook, Tagged, dan lain-lain.
c.
Forum
Website ini dibuat
khusus agar para member dapat berdiskusi sesuai dengan topic-topik yang telah
ditetapkan. Contohnya: Kaskus, Detik forum, Rumah Motor, PHPBulider.com.
Untuk membuat forum diskusi biasanya menggunakan
platform-platform yang sudah tersedia, baik yang berbayar seperti V-Bulletin ataupun yang gratisan
seperti phpBB, SMF dan lain-lain.
d. e-Commerce (Toko Online)
Website ini dibuat
khusus untuk menjual produk secara online.Umumnya dilengkapi dengan shopping
cart (keranjang belanja) untuk memudahkan user/pengunjung berbelanja. Tapi
sebagian juga hanya berupa catalog online yang lengkap dengan detil dan harga
produk, untuk melakukan pembelian dapat dilakukan melalui email atau telepon.
e. Search Engine (Mesin Pencari)
Situs yang dibuat khusus untuk mencari informasi sekaligus
gateway ke halaman-halaman situs lain. Contoh Google, Yahoo, Bing, Altavista.
f.
Archive
Site
Situs khusus dimana para pengguna dapat berbagi informasi
dan disimpan dalam arsip-arsip elektronik. Contoh: Yahoogroups, Google Groups,
Wikipedia dan Archive.org.
g. Blog
Situs ini biasa
juga disebut diari online dimana pemilik (individu atau group)
dapat mengupdate artikel, baik tulisan, gambar ataupun file multimedia lain
secara rutin dimana semua entri tersusun berurutan dan memiliki fasilitas
komentar buat pengunjung.Secara standar blog juga telah dilengkapi dengan
sidebar yang full custom, fasiltas RSS dan permalink.
h. Corporate/CompanyWebsite
Biasanya
berisi informasi umum dan kegiatan suatu perusahaan.
i.
Web
Portal
Bentuk
sederhana dari search engine dimana
situs ini berisi informasi-informasi singkat dan link ke sumber yang berupa
situs-situs lain.
j.
Community site (Situs Komunitas)
Situs
yang dibuat khusus untuk komunitas-komuntas tertentu untuk berbagi informasi
yang terbatas.
k.
File Sharing
Situs
yang dibuat khusus untuk berbagi file, baik gambar, video, musik dan file-file
digital lainnya. Ada yang berbayar adapula yang gratisan. Contoh: Photobucket, Flickr, Imageshack, Rapidsharedan 4shared.
l.
Business Online Site
Situs-situs
yang dibuat dengan tujuan bisnis online.Ada banyak jenis bisnis online yang
disediakan oleh situs-situs ini dan dibutuhkan 1 bahasan terpisah untuk
membahas situs-situs yang menyelenggarakan bisnis online termasuk menawarkan
pekerjaan-pekerjaan online.
F.2.4 Unsur-unsur Dalam Penyediaan Website atau Situs
Untuk menyediakan sebuah website,
ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:
1. Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource
Locator)
Nama domain atau
biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet
yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain
domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada
dunia internet. Contoh: http://www.nama situs.com.
Nama domain
diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.Setelah
Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna
disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa atau tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di
lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai
identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan
website tersebut. Contoh nama doamain yang ada di indonesia adalah dot com,
net, org, info, biz, name, ws.
.com : layanan situs yang bersifat komersil
.eEdu : Layanan Pendidikan International.
.Gov : Layanan untuk pemerintahan.
.mil : Layanan kebutuhan angkatan bersenjata atau militer
.org : Layanan Kebutuhan Organisasi
.Net : Layanan Kebutuhan Jaringan Komputer
. Biz : Layanan kebutuhan dunia bisnis
2. Skrip (Bahasa
Program)
Bahasa pemprograman untuk internet adalah
HTML, PHP, MySQL, Java, dan lain-lain.Bahasa pemrograman ini digunakan untuk
memerintah komputer untuk mendesain
sesuatu dengan perintah-perintah yang diaplikasikan dalam bentuk teks.
3. Hosting
Hosting adalah ruangan hardisk tempat menyimpan berbagai
data, file, gambar, video dan lain-lain.Biasanya disewakan.
4. Browser
Cara Kerja Browser:
a.
Browser mengambil
informasi melalui jaringan internet pada serverlife.
b.
Server memberi respon
dengan memberikan informasi yang diminta.
c.
Browser menampilkan
informasi menggunakan fasilitas yang berupa kode-kode HTML.
F.3 HTML
F.3.1
Pengertian dasar HTML
HTML
merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun
dokumen-dokumen Web.Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan
mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi
perintah-perintah yang dispesifikasikan.
File
HTML mempunyai ekstensi .html atau .htm. Karena bahasa ini merupakan jesnis
bahasa markup, maka HTML mempunyai pasangan tag untuk menandai block script
HTML, yaitu <HTML> ... </HTML>. Di HTML terdapat beberapa macam
markup yang dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis:
a.
Sturctural
Markup ini merupakan
tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks. Contoh:
<h1>Stikom</h1>
Yang artinya
memerintahkan browser agar mencetak teks “Stikom” dengan ukuran atau format Heading 1.
b.
Presentational
Markup ini merupkan tanda yang menentukan
tampilan teks. Contoh:
<i>Petra</i>
Yang artinya memerintahkan browser agar
mencetak teks “Petra” dengan tampilan miring.Untuk saat ini peran
presentational markup sudah banyak digantikan oleh CSS.
c. Hypertext
Markup ini merupakan
tanda yang menunjukkan sebuah link ke situs web atau dokumen tertentu. Contoh:
<a href=”http://www.stikom.co.id/”>Stikom</a>
Yang berarti
memerintahkan browser untuk menampilkan teks “Stikom” dengan fitur link ke
situs http://www.stikom.co.id/ jika teks
tersebut diklik.
d.
Widget Element
Markup ini merupakan
tanda yang digunakan untuk memuat suatu objek tertentu. Contoh:
<button>
Yang berarti
memerintahkan browser untuk membuat objek tombol.
2.3.2 Pengertian HTML5
HTML5 adalah sebuah bahasa
markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah
teknologi inti dari Internet.HTML5 adalah revisi kelima dari HTML. HTML yang
pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun
1997 dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan.Tujuan utama
pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung
teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah
dimengerti oleh mesin.
Gambar 2 HTML5
HTML5
merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa
markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5
merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini
berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak
perangkat lunak pembuat web.
Pada HTML 5 memperkenalkan
beberapa elemen baru dan atribut yang merefleksikan tipikal penggunaan website
modern. Beberapa diantaranya adalah pergantian yang bersifat semantik pada blok
yang umum digunakan: yaitu elemen (<div>)
dan inline (<span>), sebagai contoh (<span>) (sebagai blok navigasi website) dan <footer> (biasanya dikaitkan pada bagian bawah
suatu website atau baris terakhir dari kode html). Banyak elemen lain yang
memberikan kegunaan baru melalui antar muka yang telah distandarkan, seperti
elemen multimedia <audio> dan <video>. Beberapa elemen yang telah ditinggalkan
juga ditiadakan, termasuk elemen presentasi semata seperti <font> dan <center>,
yang sebenarnya dapat dikerjakan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS).
Perkembangan HTML5 untuk
perangkat mobile yang begitu cepat terutama untuk mendukung format video. HTML5
didukung oleh berbagai platform untuk menyampaikan konten di browser, termasuk
di dalamnya Google’s Android, Apple’s iOS, Microsoft’s Windows Phone, dan RIM’s
BlackBerry (untuk OS6 ke atas).
Melalui pengumuman yang
disampaikan di blog resminya, Adobe akan menghentikan pengembangan Flash Player
untuk mobile. Versi terakhir adalah 11.1 untuk Android dan BlackBerry PlayBook
dan mengalihkan sumberdayanya untuk mendukung inovasi menggunakan HTML5. Tetapi Adobe tetap akan memberikan
dukungan untuk setiap perbaikan bug Flash Player untuk mobile yang critical
dan pembaruan aspek security.
Adobe membolehkan licensee source
code Flash Player-nya untuk terus mengembangkan produk ini di ranah mobile.
Adobe sendiri akan memberikan fitur baru agar produk yang menggunakan Flash
untuk mobile dapat dikonversikan dengan mudah ke HTML5. Selain dukungan
terhadap HTML5, Adobe juga akan mendorong pengembang Flash untuk membuat
aplikasi native di berbagai platform menggunakan Adobe AIR. Khusus untuk Flash
sendiri, Adobe akan fokus untuk mengembangkannya untuk PC, di mana saat ini
mereka tengah mengembangkan Flash Player 12 untuk memberikan pengalaman hiburan
dalam high definition (HD).
F.3.3 Struktur dasar HTML5
<html>
<head>
<title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
<head>
<title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Disini penulisan informasi Web
<body>
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>
Penjelasan:
a)
Tag
Berupa dua karakter ‘<’
dan ‘>’. Sebagai contoh, <title> adalah sebuah tag dengan nama title.
sebuah tag di tulis secara berpasangan yang terdiri atas tag pembuka dan tag
penutup. Pada tag penutup harus ditambahan simbol ‘/’ setelah ‘<’. Sebagai
contohnya tag <title> akan di tutup dengan </title> .
b) Element
Html
Merupakan sebagai
pernyataan bahwa dokumen tersebut adalah dokumen HTML.
<html>
……
…….
</html>
3. Element
Head
Merupakan element yang
dimulainya kepala dari sebuah file html yang letaknya diantara tag <html>
dan </html>.
<head>
………
……….
</head>
4. Element Title
Merupakan judul dari sebuah
file html yang nantinya akan tampil ketika halaman tersebut sedang dibuka.
Element title berada tag <head> dan </head>. Contoh:
<tittle>
html pertamaku
<title>
·
Element Body
Merupakan Element yang
berfungsi untuk menampillan semua isi yang berada pada file html yang
bersangkutan. Element ini terletak pada pas di bawah tag
<head></head> dan masih berada di dalam tag
<html></html>.
F.4 CSS
F.4.1 Pengertian dasar CSS
CSS atau Cascading StyleSheet merupakan
salah satu bahasa standar pemograman web. Bahasa ini diciptakan untuk
menstandarisasi syntax-syntax tidak akan berjalan pada yang browser yang
diciptakan oleh Netscape dan Internet Explorer. Tidak seperti sekarang ini,
pada era itu hanya kedua browser tersebutlah yang menguasai pasar software
browsing.
Style Sheets merupakan feature yang
sangat penting dalam membuat Dynamic HTML. Meskipun bukan merupakan suatu
keharusan dalam membuat web, akan tetapi penggunaan style sheets merupakan
kelebihan tersendiri.
Suatu style sheet merupakan tempat
dimana anda mengontrol dan mengatur style yang
ada.Style sheet mendeskripsikan bagaimana tampilan document HTML di layar. Anda juga bias
menyebutnya sebagai template dari document
HTML yang menggunakanya.
Anda juga bisa
membuat efek-efek sepesial di web anda dengan menggunakan style sheet. Sebagai
contoh anda bisa membuat style sheet yang mendefinisikan style untuk <H1>
dengan style bold dan italic dan berwarna biru. Atau pada tag <P> yang
akan di tampilkan dengan warna kuning dan menggunakan font verdana dan masih
banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan style sheet.
Secara teoritis
anda bisa menggunakan style sheet technology dengan HTML. Akan tetapi pada
prakteknya hanya Cascading Style Sheet (CSS) technology yang support pada
hampir semua web Browser. Karena CSS telah di setandartkan oleh World Wide Web
Consortium (W3C) untuk di gunakan di web browser.
F.4.2
Kelebihan dan kekurangan CSS
Kelebihan dari CSS adalah:
1.
Memisahkan desain dengan konten halaman web.
2.
Mengatur desain seefisien mungkin.
3.
Jika kita ingin mengubah suatu tema halaman web, cukup
modifikasi pada css saja.
4.
Menghadirkan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh
HTML.
5.
Lebih mudah didownload karena lebih ringan ukuran
filenya.
6.
Satu CSS dapat digunakan banyak halaman web.
7.
dan masih banyak lagi.
Kekurangan dari CSS adalah:
1.
Tampilan pada browser berbeda-beda.
2.
Kadang juga terdapat browser yang tidak support CSS
(browser lama).
3.
Harus tahu cara menggunakannya.
4.
dibutuhkan waktu lebih lama dalam membuatnya.
5.
Belum lagi ada bug/error dalam CSS.
2.4.3 CSS3
Pada tahun 1998, W3c kembali mengupdate CSS1 menjadi CSS2.Karena
komplitnya fitur baru tersebut maka CSS2 semakin populer hingga tahun 2004.Saat
programer mulai menemukan kekurangan-kekurangannya, yaitu CSS 2 tidak bisa mengatur beberapa fungsi semisal
shadow, radient atau radius. Desain
tersebut harus dikerjakan dengan software desktop seperti Photoshop dan
sejenisnya. Sehingga tampilan web-pun mau tidak mau harus menggunakan
image/gambar.Ini berimbas pada loading
web yang semakin lama karena penggunaaan gambar tersebut.Maka dari itu di
diciptakanlah CSS3.
CSS3 membawa fitur-fitur desain yang lebih kompleks bahkan bisa dibilang hampir setara dengan dengan desain software desktop.Selain itu, CSS3 juga bisa membuat fungsi web interaktif yang selama ini hanya bisa dikerjakan oleh Flash atau Javascript Framework.
Gambar 3 Daftar Browser
Menurut
Jeanot Nahasan (2012) di dalam blognya, mengatakan bahwa beberapa situs yang
sudah menerapkan CSS3 + HTML5 akan menggantikan fungsi jQuery sepenuhnya.
Perkiraan ke depan, tidak ada lagi web yang menggunakan jQuery karena sizenya
lebih besar dibanding CSS3. Bukan cuma jQuery, saat ini penggunaan flash juga
mulai terakusisi dengan semakin berkembangnya CSS3. Menurut saya, CSS3
merupakan bahasa pemrograman olah digital gambar/citra tingkat tinggi karena
dengan CSS3, anda bisa menggambar Tokoh Kartun Doraemon seperti contoh berikut
:
F.5 PHP
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada
tahun 1995.Pada waktu itu PHP bernama FI (Form
Interpreted). Pada saat tersebut PHP adalah sekumpulan script yang
digunakan untuk mengolah data form dari web. Saat ini, PHP merupakan kepanjangan “PHP: Hypertext Preprocessor
adalah sebuah bahas script berjenis server side yang menyatu dengan HTML.
Sintaks dan perintah-perintah yang dimasukkan akan sepenuhnya dijalankan dan
dikerjakan oleh server dan disertai pada halaman HTML biasa. PHP bertujuan
untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan diatas taknologi Web. Dalam hal
ini, aplikasi pada umumnya akan memberikan hasil pada Web browser, tetapi
prosesnya secara keseluruhan dijalankan dan dikerjakan di Web server.
F.6 MySQL
MySQL adalah
sebuah sistem manajemen database relasi (relationaldatabase management system)
yang bersifat open source. (Arbie, 2004:5) MySQL merupakan buah pikiran dari
Michael “Monty” Widenius, David Axmark dan Allan Larson yang di mulai tahun
1995.Mereka bertiga kemudian mendirikan perusahaan bernama MySQL AB di
Swedia.
Pengertian
MySQL menurut MySQL manual adalah sebuah open source software database SQL
(Search Query Language) yang menangani sistem manajemen database dan sistem
manajemen database relational.MySQL adalah open source software yang dibuat
oleh sebuah perusahaan Swedia yaitu MySQL AB. MySQL sangat mudah digunakan,
reliable dan sangat cepat.
MySQL mempunyai fitur-fitur yang sangat mudah dipelajari
bagi para penggunanya dan dikembangkan untuk menangani database yang besar
dengan waktu yang lebih singkat.Kecepatan, konektivitas dan keamanannya yang
lebih baik membuat MySQL sangat dibutuhkan untuk mengakses database di
internet.
MySQL versi 1.0 di rilis pada Mei 1996 dan
penggunaannya hanya terbatas di kalangan perusahaan saja.Barulah pada bulan
Oktober 1996, MySQL versi 3.11.0 di rilis ke masyarakat luas.MySQL menggunakan
bahasa standar SQL (Structure Query Language) sebagai bahasa interaktif dalam
mengelola data. MySQL memiliki kinerja, kecepatan proses dan ketangguhan yang
tidak kalah dibanding database-database besar lainnya yang komersil seperti
ORACLE, Sybase, Unify dan sebagainya. MySQL dapat berjalan di atas banyak
sistem operasi seperti Linux, Windows, Solaris, FreeBSD, Mac OS X, dan lain
sebagainya.
F.7 Java Script
JavaScript adalah suatu bahasa script yang di-interpreter oleh browser (client side). JavaScript pertama kali
dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah namaMocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.
Navigator
sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer
yang non-Java.Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal
tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama
JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.
JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan
yang penting juga adalah untuk membuat AJAX.JavaScript adalah bahasa yang
digunakan untuk AJAX.
Javascript bergantung kepada browser
(navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip dari Javascript dan
tentu saja tersisipkan dalam dokumen HTML.Javascript juga tidak memerlukan
compiler atau penterjemah khusus untuk menjalankannya.
Penulisan kode Javascript diletakkan diantara
tag HTML. Javascript merupakan suatu bahasa yang perkembangannya lambat
dibandingkan dengan bahasa Java yang berkembang sangat cepat.Sama halnya
seperti pemrograman bahasa C, Javascript juga bersifat Case Sensitive untuk setiap perintah dan penamaan variabelnya.
F.8 Elemen Visual Website
F.8.1 Teori Warna
1. Pengertian Warna
Warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan
memperkuat kesan dan aspek identitas perusahaan dalam pembuatan Company
profile.
Menurut Anne Dameria (2011), Warna merupakan fenomena yang terjadi
karena adanya tiga komponen yaitu Cahaya, Objek dan Observer/pengamat (dapat
berupa mata kita ataupun alat ukur).
Menurut hasil experimen James Clerck Maxwell (1855-1861) menyimpulkan bahwa
warna hijau, merah dan biru merupakan warna-warna primer (utama) dalam
pencampuran warna cahaya.Warna primer adalah warna- warna yang tidak dapat
dihasilkan lewat pencampuran warna apapun.Melalui warna- warna primer cahaya
ini (biru, hijau, dan merah) semua warna cahaya dapat dibentuk dan
diciptakan. Jika ketiga warna cahaya primer ini dalam intensitas maksimum
digabungkan, berdasarkan eksperimen 3 proyektor yang didemonstrasikan Maxwell,
maka ditunjukkan sebagai berikut:
Gambar 5 Hasil Eksperiment Maxwell
2. Psikologis
Warna
Pada
tahun 1858, Munsell menyelidiki warna dengan standar warna untuk aspek fisik
dan psikis.Teorinya menyatakan bahwa warna pokok terdiri dari merah, kuning,
hijau, biru, dan jingga.Sementara warna sekunder terdiri dari warna jingga,
hijau muda, hijau tua, biru tua, dan nila.Secara umum, warna dikaitkan dengan pertimbangan makna
psikologis.
- Merah keunguan
Darah,
marah, berani, seks, bahaya, kekuatan, kejantanan, kebahagiaan, cinta, mulia,
agung, kaya, bangga (sombong), mengesankan.
- Hitam
Misteri,
berwibawa, berkelas, konservatif, kegelapan, tegas, kukuh, formal, struktur
yang kuat
- Merah jingga
Semangat,
tenaga, kekuatan, pesat, hebat, gairah.
- Kuning jingga
Kebahagiaan,
penghormatan, kegembiraan, optimisme, terbuka.
- Putih
Sporty,
bersih, segar, mahal, positif, merangsang, cemerlang, ringan, sederhana, polos,
jujur, murni., suci,lugu, spiritual, tenang.
- Kelabu
Maskulin,
serius, tenang, sopan, sederhana, orang yang telah berumur, kepasifan, sabar,
rendah hati, intelegensia, ragu-ragu, tidak dapat membedakan yang penting dan
tidak penting.Netral, penengah dalam peperangan.
- Jingga
Kecerahan,
hangat, semangat muda, ekstrimis, menarik.
- Kuning
Ceria,
hangat, semangat, cerah, kesenangan, kelincahan kemuliaan cinta, pengertian
yang mendalam, lambang intelektual, bijaksana, pengecut, pengkhianatan.
- Kuning hijau
Persahabatan,
muda, kehangatan, baru, gelisah, berseri.
- Hijau muda
Tumbuh,
cemburu, kurang berpengalaman, iri ahti, kaya, segar, istirahat, tenang.
- Hijau biru
Tenang,
santai, diam, lembut, setia, kepercayaan.
- Biru
Melankolis,
teknologi, sejuk, pasif terhormat, tenang, damai, depresi, menahan diri,
ikhlas, setia, konservatif, lembut, menahan diri. Goethe menyebutnya mempesona,
spiritual, monoteis, kesepian, sedang memikirkan masa lalu dan masa akan
datang. Warna perspektif yang menarik kita dalam kesendirian, dingin, membuat
jarak, dan terpisah.Melambangkan kesucian dan harapan.
- Ungu
Kebesaran,
sejuk, negative, mundur, tenggelam dan khidmat, berarti sukacita, kontemplatif,
suci, lambang agama, murung, melankolis, pendiam, agung(mulia), aristokrasi,
dan menyerah.
- Cokelat
Bersahabat,
hangat, tenang, alami, kebersamaan, sentosa, rendah hati.
- Hijau
Emosi
hamper mendekati pasif, lebih istirahat. Melambangakan renungan, kepercayaan
(agama), dan keabadian.Fungsi:kesegaran, mentah, muda, belum dewasa,
pertumbuhan, kehidupan dan harapan, kelahiran kembali, dan kesuburan.
- Pastel
Lembut,
feminim, romantis, inspirasi.
F.8.2 Teori Tipografi
1. Pengertian Tipografi
Tiprografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata
huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk
menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan
kenyamanan membaca semaksimal mungkin.Menurut Jefkins (1996: 248), tipografi adalah seni memilih jenis huruf, dari
ratusan jumlah rancangan atau desain jenis huruf yang berbeda, menggabungkan
sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia, dengan menggunakan
ketebalan dan ukuran berbeda dan menandai naskah untuk proses typesetting.
2. Prinsip Tipografi
Pada umumnya
prinsip tipografi adalah :
- Visibility
Terfokus pada apakah jenis huruf tertentu dapat dilihat atau
tidak.
- Readibility
Kualitas dan jenis huruf, lebih ke arah pemilihan huruf yang
tepat untuk teks yang tepat
- Legibility
Menekankan apakah dapat terbaca atau tidak, ada jenis huruf yang
indah.tetapi jika digunakan daam teks akan mengakibatkan pembaca meninggalkan
teks tersebut.
d.
Clearly
Kejelasan huruf, mempunyai fungsi jelas dan mudah terbaca. Bovee
menagatakan ada hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih suatu type huruf,
yakni: keterbacaan, adalah hal yang berperan penting dalam memilih suatu jenis
huruf.
3. Jenis huruf
1.
Huruf
tidak berkait (sans serif)
1)
Tidak memiliki kait (hook/terminal) hanya tangkai dan
batang saja.
2)
Ujungnya berbentuk tajam atau tumpul.
3)
Sifatnya kurang formal dan sederhana.
4)
Sangat mudah dibaca
5)
Contoh: Arial, avant grade, MS Sans Serif.
2.
Huruf
berkait (serif)
1)
Memiliki terminal.
2)
Sifatnya formal, elegan, mewah, anggun.
3)
Kurang mudah dibaca.
4)
Contoh: Times New Roman, Garamond, MS Serif.
3.
Huruf
Tulis (scipt)
1)
Setiap huruf terkait seperti tulisan tangan.
2)
Sifatnya anggun, eksklusif, romantis, tradisional.
3)
Sulit dibaca jika terlalu kecil dan banyak.
4)
Contoh: Shelley Alegro, Bradley Hand, Lucida
Handwriting.
4. Huruf Dekoratif
1)
Setiap hurufnya dibuat secara detail dan komplit.
2)
Sifatnya mewah, bebas, anggun, tradisional, istimewa.
3)
Sangat sulit dibaca, gunakan hanya sebagai alternative
drop cap.
4)
Contoh: Englishdan Augsburger Initial.
5.
Huruf
monospace
1)
Identik dengan serif atau sans serif tapi jarak antar
huruf disamakan.
2)
Sifatnya formal, sderhana, futuristik, kaku.
3)
Mudah dibaca tapi kurang rapi.
4)
Contoh: Courier.
4. Anatomi Tipografi
1.
Tinggi Huruf
Tinggi Huruf
Gambar 6 Tinggi Huruf
2.
Bentuk Huruf
Gambar 7 Bentuk Huruf
5. Geometri Tipografi
Dari geometrinya huruf dibagi
menjadi 4 kelompok yaitu:
a.
Garis tegak datar : E, F, I, H, L.
b.
Garis tegak miring : A, K, M, N, V, W, X, Y, Z.
c.
Garis tegak lengkung : B,D, G, J, P, R, U.
d.
Garis lengkung : C, O, Q, S.
G. Metode Penelitian
Bentuk
metodelogi dan pengumpulan data dari
Tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
Gambar 8
Bagan Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara,
yaitu:
1.
Wawancara/Interview
Cara ini dilakukan untuk mengetahui
permasalahan-permasalahan yang terjadi di PT Revtech Solution berkaitan dengan
konsep desain, perkembangan perusahaan dan informasi apa saja yang akan
disampaikan. Sumber wawancara adalah manager perusahaan PT. Revtech Solution
yaitu Bpk. Eric Priyo Tranggono,S.I.
2. Pengamatan/Observasi
Cara ini dilakukan oleh penulis
untuk melihat kondisi PT Revtech Solution dalam hal bentuk desain yang
digunakan, apakah sudah menampilkan keselarasan dengan desain yang sudah ada
dan hal-hal apa saja yang masih perlu dibenahi untuk meningkatkan kualitas
citra PT. Revtech Solution.
3. Study
Literatur
Pengumpulan data dilakukan dengan
mengumpulkan bahan-bahan dari buku-buku panduan atau dari majalah dan koran.
Dengan studi ini maka penulis
harus memberikan keterangan sumber dalam suatu uraian dan sumber data akan
dimasukkan dalam daftar pustaka.
4. Study
Eksisting
Proses analisa studi eksisting
diperlukan sebagai objek yang akan digunakan sebagai kompetitor tidak langsung
pada proyek pembuatan aplikasi ini. Kegiatan ini meliputi penelusuran
kompetitor terhadap proyek yang akan dibuat dalam hal Strength (Kekuatan), Weakness
(Kelemahan), Opportunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman) atau SWOT. Selain SWOT juga dilakukan analisa
terhadap STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) untuk
mengetahui target audience dari pembuatan website.Kegiatan ini dilakukan agar
terciptanya hasil karya yang sempurna karena telah belajar dari hasil yang
telah ada pada publik.
Studi eksisting ini memilih 3 subjek yang akan dianalisis, yaitu The Art
of bussiness, Red bull, dan trifermed. Pembuatan website dengan menggunakan
HTML5 masih belum ditemukan, jadi study eksisting ini menggunakan bentuk
tampilan desain website yang paling interaktif dengan menggunakan bahasa
pemrograman HTML5 dan CSS3.
Gambar 9The
Art Bussines Website
Strength :Antarmuka menarik. Konsep teknologi sudah benar
Weakness : Kurang interaktif, hanya penataan komposisi gambar saja
Opportunity : Benar-benar memiliki konsep desain teknologi yang menarik.
Threat : Konsep minimalis seperti ini bisa dibuat tanpa meng- -gunakan html5
Segmenting : Web tersebut ditujukan
kepada kalangan menengah keatas
Targeting : Orang-orang yang
membutuhkan konsultasi ide bisnis
Positioning : Minimalis, mudah
dibaca dan nuansa teknologi
Gambar
10 Red Bull
Strength : Antarmuka
menarik dan interaktif. Konsep kuat.
Weakness : Loading data sangat lama karena
gambar dan effect yang diberikan terlalu banyak.
Opportunity : Benar-benar memiliki konsep desain dengan menggunakan banyak gambar dan transition
yang menarik.
Threat : Konsep seperti ini
dapat dimasukkan untuk pembuatan
website photography atau
company profileyang lebih
mengutamakan gambar.
Segmenting :
Kalangan menengah keatas
Targeting :
Pecinta berita dan business man.
Positioning : Mudah dibaca, interkatif, menarik dipandang.
Gambar
11 Trifermed
Strength : Simpel, interaktif dan menarik.
Weakness : Membuat user cepat bosan membaca informasinya
karena tidak ada gambar sama sekali dan hanya ada satueffect transition.
Opportunity : Konsep sesuai dengan tema yang diambil. Banyak menggunakan
simbol-simbol ikon.
Threat : Konsep minimalis dengan menggunakan HTML5 dan CSS3.
Segmenting : Kalangan menengah
keatas
Targeting :
Masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai kesehatan dan membutuhkan
layanan kesehatan
Positioning :
Interaktif, sederhana, informasi perusahaan lebih banyak dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
G.1 Hasil Analisa SWOT
Setelah melakukan beberapa
pengamatan pada media yang telah ada di publik, maka gambaran dari website PT.
Revtech Solution ni adalah:
1.
Desain antarmuka dengan page intro untuk
menyapa konsumen agar lebih menarik.
2.
Penggunaan lightbox pada porfolio dan
menggunakan sliding image untuk mendukung iPad screen touch.
3.
Memanfaatkan fungsi html5 sebaik-baiknya, yaitu
memasukkan video dan audio.
4.
Nuansa warna yang digunakan adalah putih, abu-abu, dan biru untuk
meningkatkan kesan teknologi.
5.
Pembuatan website ini akan diutamakan bentuk tampilan desain dan
penyampaian informasi dengan cara yang lebih informatif.
6.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
Dari
analisa SWOT (strenght, weakness, oportunity, thread) yang diambil dari
study eksisting diatas, maka dapat kita ambil bagan analisa SWOT untuk website
PT Cloud Cyclesebagai berikut:
Tabel 1 SWOT
Internal Factor
External Factor
|
Strenght
|
Weakness
|
- Pengunaan HTML5 membuat tampilan
lebih menarik dan interaktif
- Ada audio sambutan
- Video streaming tidak terlalu berat
|
-Loading data menjadi berat karena
ada video dan audio
|
|
Opportunity
|
Strategy SO
|
Strategy WO
|
-
Menarik konsumen
- Belum banyak pesaing dan termasuk website yang inovatif
|
- Tampilannya menarik dan interaktif,
sehingga dapat menarik minat konsumen
- Dapat meningkatkan
pelanggan perusahaan
|
- Meminimalisir audio dan video
sehingga tidak terlalu berat
|
Thread
|
Strategy WT
|
Strategy WT
|
- Pesaing website dengan menggunakan
HTML5 sudah mulai bermunculan
|
- Tampilan dibuat lebih interaktif
dengan bantuan Jquery dan CSS3
- Konsep perusahaan diperkuat
|
- Meminimalisir audio dan video
sehingga tidak terlalu berat
|
G.2Segmenting,
Targeting, Positioning
G.2.1 Segmenting
Pembagian
segmentasi, target audien dan posisi produk sangat diperhatikan agar produk
yang akan dihasilkan bisa sesuai dengan kondisi masyarakat sekitar, yang secara
tidak langsung dapat membuat produk lebih efisien dalam proses distribusi.
1.
Demografis:
·
Usia = 17 - 50 Tahun
·
Jenis kelamin = Laki-laki, perempuan
2.
Geografis:
Daerah = Perkotaan
Kepadatan = Kota (pusat kota)
G.2.2
Target Audien
Target audien dari website ini adalah orang-orang kalangan menengah
keatas yang sudah bekerja dan memiliki perusahaan sendiri.
G.2.3 Positioning
Dengan company
profile ini maka akan memabantu PT. Cloud Cycledalam memasarkan perusahaan mereka. Desain website akan
dibuat semenarik mugkin agar konsumen tidak bosan melihat dan membaca informasi
yang disediakan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
G.3
Rancangan Penelitian
Rancangan
penelitian ini mebutuhkan beberapa langkah, yaitu para produksi, produksi dan
pasca produksi. Pada langkah pertama sampai langkah ketiga merupakan proses
selama pra produksi. Sedangkan pada langkah keempat sampai ketujuh adalah masa
produksi. Pasca produksi adalah melakukan promosi melalui
xbanner dan brosur perusahaan.
Dalam
pembuatan website PT Cloud Cycledilakukan perancangan konsep pada awal pengerjaannya. Konsep yang diambil
dalam pembuatan ini yaitu tema minimalis dengan warna biru, putih dan abu-abu.
Disetiap desain akan dicantumkan logo PT Cloud Cycle.
Langkah
kedua adalah pengumpulan data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan
cara mengambil studi pustaka dari buku, internet dan wawancara mengenai
informasi apa saja yang akan dimasukkan ke dalam company profile di PT Cloud Cycledan juga
melakukan analisis desain website perusahaan lain dengan cara studi existing.
Langkah
ketiga adalah persiapan hardware, software yang akan kita gunakan untuk
pembuatanwebsite. Software yang digunakan adalah Adobe Dreamweaver CS5 dan
Adobe Photoshop CS5. Untuk sound yang digunakan sebagai opening page dapat
dibuat dengan recording suara di Garage Band.
Langkah
keempat adalah pembuatan website PT Cloud Cycle. Urutannya adalah pembuatan tema background yang
berbentuk data PNG dan JPG. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian bahasa
pemograman yang berbentuk HTML 5, kemudian memasukkan data-data milik
perusahaan kedalamnya. Setelah website tersebut siap dalam bentuk HTML, maka
dirubah sebagai PHP dan mengaktifkan website tersebut di internet dengan domain
yang sudah dibeli serta memasukkan data offline ke dalam CD perusahaan kemudian
dilakukan untuk testing dan perbaikan.
Langkah
kelima adalah testingwebsite. Ada beberapa yang harus diperhatikan yaitu apakah
bentuk webste tersebut sudah bisa masuk ke dalam semua software internet tanpa
ada perubahan. Misalnya di Mozila Firefox, Google Chrome, Safari, dan
lain-lain. Kemudian pastikan domain yang kita beli sudah cukup bagus mengikuti
bobot website yang sudah kita buat. Untuk company profile yang berbentuk
offline, pastikan bisa terbaca di Ipad dan di burn CD tanpa ada masalah.
Langkah
keenam adalah perbaikanwebsite, perbaikan ini dilakukan berdasarkan
testing dan refisi dari pihak perusahaan PT Cloud
Cycle. Revisi dilakukan
sebanyak tiga kali.
Merancang Konsep
Pengumpulan Data
Persiapan hardware, Software
Pembuatan Aplikasi
Testing
Perbaikan
Penyelesaian
(Finishing)
Gambar12 Alur
Kerja
G.3.1 Pra Produksi
1. Ide
Ide
pembuatan website PT Cloud Cycleadalah karena merupakan perusahaan yang baru berdiri dan tentunya
memerlukan website sebagai sarana pengenalan mereka di dunia maya dengan cara
yang lebih informatif dan lebih mudah dikenali masyarakat banyak sekaligus
menanamkan citra perusahaan di mata konsumen. Selain itu HTML5 merupakan bahasa
pemrograman yang baru saja launching dan mampu menunjang pembuatan
website yang ingin membuat tampilan mereka lebih menarik dan informatif.
2. Konsep
Konsep
yang dipakai adalah tema desain yang berbentuk minimalis dengan nuansa warna
biru, abu-abu dan putih yang berhubungan dengan teknologi dan informasi. Untuk
pembuatan websiteakan menggunakan bahasa pemrograman HTML5 yang dirubah menjadi
PHP. Warna yang dipakai nantinya akan dibuat selaras dan selalu menampilkan
logo PT Cloud Cycle, agar konsumen mudah menangkap citra PT Cloud Cycle.
Pembuatannya
akan dibuat seinteraktif mungkin agar audience dapat tertarik dan menggunakan
fungsi dari HTML5 semaksimal mungkin, yaitu memasukkan audio dan video.
H. Jadwal
Kerja
Jadwal kerja dapat dilihat
pada tabel berikut:
Tabel 2 Jadwal Kerja
No
|
KEGIATAN
|
Agustus
2013
|
September
2012
|
Oktober
2012
|
November
2012
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Pembuatan dan Pengajuan Proposal TA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Studi
pustaka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Survey
dan Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Analisis
dan Desain Sistem
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pembuatan
Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Testing
Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Revisi
Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Implementasi
Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Pembuatan
Laporan TA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Daftar
Pustaka
Kendall, K. E. & Kendall, J. E. 2003.Analisis dan
Perancangan Sistem Jilid I. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sampurna.2003. Menguasai Aplikasi Web Tanpa Pemrograman.
Jakarta: Elex Media Komputindo.
Betha Sidik, Ir. 2002. Pemrograman Web dengan HTML.
Bandung: CV. Informatika.
Sean, Covey. 2001. 7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif.
Jakarta: Binarupa aksara.
Alexis Goldstein.2011.HTML5 and CSS3 for the Real World.
Australia: Sitepoint.
Bunafit Nugroho.2004. PHP & MySQL dengan Editor Dreamweaver
MX, Jakarta: Andi Publisher.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar