

BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Era Globalisasi saat
ini bertumbuh sangat cepat seiring
dengan lajunya perkembangan zaman yang semakin modern akan kemajuan ilmu
teknologi. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengguna komputer.Pesatnya
perkembangan bisnis yang mengadaptasi teknologi informasi, mendorong terjadinya
persaingan bisnis.Setiap pelaku bisnis bersaing untuk merebut pangsa pasar dan
meraih pelanggan agar menggunakan produk atau jasa dari perusahaan mereka.
Begitu pula yang
terjadi pada PT. Pentagon Abadi yang saat ini masih menggunakan sistem manual
dan belum menggunakan sistem komputer dalam mengelola data usahanya dan juga
data para pelanggannya.Sistem manual menyebabkan data-data menjadi tidak akurat
dan tidak cepat dalam melakukan pencatatan sehingga memerlukan waktu yang cukup
lama untuk mengerjakannya.Ditambah lagi kondisi toko yang sudah mulai besar dan
memiliki beberapa cabang, jadi sangat dibutuhkan sistem yang terkomputerisasi.
Dengan adanya sistem
komputerisasi dengan sistem informasi penjualan akan memudahkan pengolahan data
dalam penjualan, pembelian dan persediaan barang pada PT. Pentagon Abadi.
Dengan demikian persoalan redudansi data akan berkurang dan menghasilkan
laporan yang tepat waktu dan segala jenis masalah administrasi dapat ditangani
secara maksimal.
Dalam merancang
sebuah sistem informasi penjualan untuk PT. Pentagon Abadi penulis menggunakan
Sql Server 2008 dan Visual Studio.Net 2010.Visual Studio.Net merupakan salah
satu program aplikasi yang berada dibawah Platform.Net Framework yang merupakan
model platform yang memudahan dalam membangun lingkungan aplikasi yang
terdistribusi di internet.
1.2.
Ruang Lingkup
Dalam penulisan
ilmiah ini penulis membuat sistem informasi penjualan untuk PT. Pentagon Abadi dengan
dilengkapi managemen user, transaksi penjualan serta stock barang.Penulis
menggunakan software Visual Studio 2010 dan Sql 2008 untuk databasenya.
1.3.
Tujuan
Dengan dilakukannya
penulisan ilmiah ini penulis dapat membantu dalam pembuatan Sistem Informasi
Penjualan Toko Ram Motor dengan sistem terkomputerisasi, sehingga dapat
mempermudah proses dari pengolahan data dan informasi secara efektif dan
efisien.
1.4.
Metoda Penelitian
Untuk mendapatkan
data yang dibutuhkan dalam rangka penyusunan penulisan ini, penulis menggunakan
metode penulisan yaitu :
a.
Studi Pustaka
Studi ini dilakukan dengan cara membaca
dan mempelajari buku-buku teori sebagai
referensi untuk mendukung penulisan ilmiah ini.
b.
Wawancara
Penulis melakukan wawancara kepada
salah seorang pegawai guna memperoleh informasi yang diperlukan untuk menunjang
penulisan ini.
BAB II
Kebutuhan Aplikasi Bagi PT. Pentagon
Abadi
2.1.
Positioning
a.
Business Opportunity
Proyek pengembangan aplikasi penjualan sepeda motorini
bertujuan untuk:
mempermudah PT. PENTAGON ABADI dalam menangani masalah
penjualan sepeda motor sehingga mempermudah dan mempercepat proses administrasi
.
b.
Problem Statement
The problem of
|
Proses penjualan sepeda bermotor cukup memakan waktu dan proses manual seringkali terkendala jika
printer atau alat cetak kertas rusak. Kemudian konsumen kurang diberi
panjelasan skema pembayaran dan pengurusan berkas. Data-data para pembeli
bisa saja tercecer dikarenakan masih dalam bentuk kertas, belum digital.
|
affects
|
Konsumen yang akan membeli sepeda motor, harus mengajukan
berkas yang sebelum ditetapkan diterima atau tidak
|
the impact of which is
|
Akan ada masalah bagi pegawai yang harus mengurus berkas yang
banyak dalam waktu yang sangat terbatas, seperti misalnya berkas yang
dimasukan masukkan masih dalam bentuk paper/kertas yang banyak
|
a successful solution would be
|
Menyediakan
aplikasi penjualan sepeda bermotor yang dapat digunakan saat proses pembelian
sepeda motor atau atau dapat melihat langkah-langkah yang sesuai prosedur
pembelian
|
c.
Product Position Statement
For
|
Pegawai PT PENTAGON ABADI
|
Who
|
Yang
aktif dalam bidang penjualan
|
The SkywareSkyware Mocycle
|
Adalah
sebuah aplikasi berbasis interface
|
That
|
Mempermudah
penjualan sepeda bermotor
|
Unlike
|
Produk
yang dijual,
|
Our product
|
Dikembangkan
sesuai dengan kebutuhan spesifik
|
d.
Stakeholder and User
Descriptions
Sebagai stakeholder adalah Software Engineering Lecture
dalam hal ini,
Stanley Karouw., ST., MTI dan Virginia Tulenen., ST., MTI
Sebagai user adalah seluruh pegawai PT PENTAGON ABADI
dibidang penjualan
2.2.
Market Demographics
Saat ini
teknologi berbasis interface sudah digunakan untuk membantu bisnis proses di
suatu perusahaan. Aplikasi penjualan sepeda bermotor ini akan dikembangkan
dengan menggunakan aplikasi berbasis interface.
2.3.
Stakeholder Summary
Name
|
Description
|
Responsibilities
|
Manager
Marketing
|
|
Menjamin
tersedianya anggaran pengembangan
Menyediakan
bisnis proses pengajuan cuti online
Mengawasi jalannya proyek pengembangan
|
Administrator
|
Pengelola sistem dari aplikasi
penjualan sepeda bermotor
|
Memastikan kebutuhan integrasi dari
sistem yang akan dikembangkan sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh
portal TELKOM mengelola workflow aplikasi
|
2.4.
User Summary
Name
|
Description
|
Responsibilities
|
Stakeholder
|
Pengaju berkas
|
Pembeli yang membeli kendaraan sepeda motor
|
Memasukkan berkas, dan memasukkan biodata
|
|
Pemeriksa
|
Atasan
langsung atau atasan tidak langsung (berada dalam satu organisasi yang sama)
|
Menyetujui
atau menolak berkas dan biodata yang masuk
|
|
Pemeriksa berkas
|
Pegawai unit Penjualan yang akan menyetujui permohonan cuti
sesuai dengan ketentuan administrasi yang berlaku
|
Menyetujui atau menolak pengajuan berkas, sesuai
dengan aturan pembelian perusahaan PT PENTAGON ABADI
|
|
2.5.
User Environment
Saat ini PT
PENTAGON ABADI sudah memiliki fasilitas manajemen computer yang cukup baik dan
para User/Admin bagian marketing dari perusahaan tersebut juga sudah bisa
menggunakan computer dengan baik, dalam penggunaan aplikasi ini, PT PENTAGON
ABADI menyediakan tiap computer bagi User/Admin dalam bertugas secara
masing-masing demi kelancaran transaksi, jadi tanpa harus menunggu User/Admin
lain selesai dengan pekerjaannya barulah bisa di lanjutkan.Aplikasi
SkywareSkyware Mocycle (Penjualan Sepeda Motor) ini adalah aplikasi User Friendly
dan mudah di pelajari oleh para usernya.
2.6.
Stakeholder Profiles
a.
Manager Marketing
Representative
|
Bpk.
|
Description
|
-
|
Type
|
Manajemen
|
Responsibilities
|
Bertanggung jawab untuk :
Menjamin
tersedianya anggaran pengembangan
Menyediakan
bisnis proses pengajuan cuti online
Mengawasi jalannya proyek pengembangan
|
Success Criteria
|
Aplikasi
cuti online dapat digunakan sebagaimana mestinya
|
Involvement
|
Requirements Reviewer
|
Deliverables
|
Sistem
aplikasi.
|
Comments / Issues
|
-
|
b.
Administrator
Representative
|
Bpk.
|
Description
|
-
|
Type
|
Software
Engineer
|
Responsibilities
|
Memastikan
kebutuhan integrasi dari sistem yang akan dikembangkan sudah sesuai dengan
yang dipersyaratkan oleh portal TELKOM
Mengelola workflow dari aplikasi
|
Success Criteria
|
Aplikasi
cuti online dapat diintegrasikan dengan portal TELKOM
|
Involvement
|
System Administrator
|
Deliverables
|
Sistem
aplikasi.
|
Comments / Issues
|
-
|
2.7.
|
User Profiles
|
|||
3.6.1
|
PT PENTAGON ABADI
|
|||
Representative
|
Pegawai PT PENTAGON ABADI
|
|||
Description
|
Seluruh pegawai bidang marketing PT
PENTAGON yang masih aktif
|
|||
Type
|
Adiministrator
|
|||
Responsibilities
|
Melakukan penjualan melalui system
informasi (SkywareSkyware Mocycle)
|
|||
Success
Criteria
|
User dapat mengatur penjualan dengan
mudah dan benar.
|
|||
Involvement
|
System Administrator
|
|||
Deliverables
|
Mengatur penjualan untuk aaprover
|
|||
|
|
|||
3.6.2
|
Pemeriksa
|
|||
Representative
|
Manajemen Merketing
|
|||
Description
|
Atasan langsung yang bersangkutan
|
|||
Type
|
Pemeriksa/ Aaprover
|
|||
Responsibilities
|
menyetujui atau menolak pengajuan berkas
|
|||
Success
Criteria
|
User dapat melakukan approval berkasdengan mudah dan benar.
|
|||
Involvement
|
System User
|
|||
Deliverables
|
Approval berkas untuk dilanjutkan
kepada Manager berwenang
|
|||
|
|
|||
2.8.
Key Stakeholder or User Needs
Need Priority Concerns Current Solution Proposed
Solutions
|
||||
Mengetahui
cara penjualan motor
|
1
|
-
|
Penjualan diketahui secara manual
|
Adanya proses untuk memeriksa terlebih dahulu
langkah-langkah yang benar dalam penjualan
|
Waktu
proses pengajuan cuti yang lebih cepat dan transparan
|
2
|
-
|
Manual
|
Adanya
online review dari atasan langsung atas formulir cuti karyawan untuk proses
approval.
|
Mengikuti
kebijakan / peraturan perusahaan terkait Cuti Karyawan
|
2
|
-
|
-
|
Bisnis
Proses Cuti
Online
mengikuti
Keputusan Direksi (KD)
|
Proses
persetujuan Cuti Online Karyawan oleh atasan langsung dapat
didelegasikan
|
2
|
-
|
-
|
Aplikasi Cuti Online dikembangkan fleksibel dan
mengikuti kebijakan baru perusahaan.
|
Kemudahan
akses bagi karyawan kapan pun dan di manapun berada
|
1
|
-
|
-
|
Akses pengajuan cuti karyawan melalui lokasi
yang terhubung dengan IntraNet TELKOM
|
Proses
pengajuan cuti dapat diproses cepat
|
1
|
-
|
Pengajuan
cuti memakan waktu cukup lama
|
Aplikasi
cuti memiliki interface yang secara online mengupdate data HR di SAP
|
Aplikasi
dikembangkan tanpa perlu lagi dokumen-dokumen hardcopy.
|
1
|
-
|
Menggunakan
Form Kertas
|
Aplikasi Cuti Online dikembangkan berbasis Web
Online
|
Kecepatan
akses dan respond aplikasi Cuti Online oleh karyawan.
|
2
|
-
|
-
|
Response
time maksimal
adalah
3 detik setiap karyawan hendak mengakses aplikasi cuti.
|
Keamanan data
terjamin dan terintegrasi dengan
portal
TELKOM
|
1
|
-
|
-
|
Digunakannya
proses Single Sign-On (SSO) melalui LDAP
TELKOM
|
Adanya
aplikasi ini tidak menyalahi aturan yang diberlakukan oleh vendor
Platform
|
3
|
-
|
Tidak
ada aturan lisensi (karena manual kertas)
|
Penerapan
Lisensi Platform Aplikasi yang baik dan benar.
|
Proses
pencarian data Cuti dapat disajikan dengan
|
1
|
-
|
-
|
Labeling data yang tepat dari setiap form
|
cepat
.
|
|
|
|
pengajuan
cuti karyawan
|
Akses
Aplikasi oleh karyawan selalu siap 24 jam sehari 7 hari seminggu
|
1
|
-
|
-
|
Aplikasi dapat diakses Online oleh seluruh
karyawan
|
Karyawan
mengetahui status permohonan cuti yang diajukannya.
|
1
|
-
|
-
|
Aplikasi dapat menampilkan status permohonan
cuti karyawan
|
Standarisasi
form dalam pengembangan aplikasi
|
2
|
-
|
-
|
Adanya acuan standar penamaan
(naming convention) dalam pengembangan aplikasi
|
Dukungan
teknis yang cepat dan baik saat ada masalah aplikasi
|
2
|
-
|
-
|
Adanya
dukungan tim technical support
|
Akses
bantuan secara online pada aplikasi Cuti Online.
|
2
|
-
|
-
|
Aplikasi menyediakan sarana Online Help untuk
panduan penggunaan Cuti Online
|
Standar dengan platform Windows dan
dapat dijalankan di platform windows
&
linux
|
1
|
-
|
-
|
Aplikasi Standar dengan platform Windows dan
dapat dijalankan di platform windows & linux
|
Terintegrasi
dengan sistem eksisting
|
1
|
-
|
-
|
Integrasi
dengan Portal
TELKOM
|
Akurasi
dan realibility sistem > 99%
|
1
|
-
|
-
|
Melakukan test secara komprehensif
|
Sistem Cuti Online ditempatkan di
dalam
lingkungan yang aman dan
sesuai
|
1
|
-
|
-
|
Menempatkan server cuti online
di ruang server khusus
|
Adanya
sistem backup dan DRS
|
1
|
-
|
-
|
Menyiapkan
backup dan DRS
|
2.9.
Alternatives and Competition N/A
Product
Overview
a.
Product Perspective
Aplikasi
Skyware Mocycle merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan database Barang
yang menggunakan SAP. Aplikasi ini diakses hanya untuk PT. Pentagon Abadi.
Aplikasi ini diberikan hak akses untuk membaca database Barang yang ada di PT.
Pentagon Abadi
b.
Summary of Capabilities
Skyware
Mocycle Skyware
User Benefit
|
Supporting Features
|
Approval
|
Workflow
|
Tidak
perlu menyiapkan dokumen dalam bentuk hardcopy
|
Proses approval dilakukan secara
digital
|
Dapat
melihat status barang dengan
mudah
|
Adanya akses ke database yang menyimpan
informasi detil Perlengkapan barang
|
Dapat
mengetahui dengan cepat
berapa
jumlah stok barang yang masih
tersisa
|
Adanya akses ke database yang menyimpan
informasi jual-beli setiap transaksi
|
Dapat
melihat history dari proses pemasukan dan pengerluarn barang yang telah
dilakukan
|
Adanya akses ke database yang menyimpan
informasi detil Produk barang
|
Admin
dapat mengatur workflow
|
Workflow
|
c.
Assumptions and Dependencies
Aplikasi ini
akan dikembangkan dengan menggunakan platform yang sama.
d.
Cost and Pricing
Biaya
yang timbul digunakan untuk membayar tenaga pengembang / programmer, sedangkan
untuk infrastruktur, baik hardware maupun software akan menggunakan yang sudah
ada. Biaya pengembangan aplikasi Skyware Mocycle Skyware diestimasikan sebesar
lima belas juta rupiah.
e.
Licensing and Installation
Dalam proses
pengembangan, license yang digunakan adalah license pengembangan.
2.10. Product
Features
a. Approval
Fitur ini
bertujuan untuk menyediakan approval melalui aplikasi, sehingga tidak
diperlukan proses approval secara manual dengan menggunakan tanda tangan.
b. Akses ke database
Fitur ini
bertujuan untuk mengambil dan menyimpan data-data barang yang tersimpan di
database stok barang yang menggunakan platform SAP.
c. Workflow
Fitur ini
bertujuan untuk menyediakan kemampuan workflow dan mangatur workflow atas
jalannya.
d. Menginput stok barang yang datang
Fitur ini
bertujuan untuk menyediakan fasilitas untuk memonitoring
e. Melihat status kelengkapan produk yang mendetail
Fitur
ini bertujuan untuk menyediakan informasi status keadaan barang dari perusahaan
pengirim
f. Mengetahui sisa stok barang
Fitur ini
bertujuan untuk mengetahui sisa barang
g. Melihat history transaksi
Fitur ini
bertujuan untuk melihat history barang yang dalam pengiriman dan penjualan
BAB III

3.1. Struktur
Organisasi Perusahaan
3.2. ANALISIS
Value Chain PT.
PENTAGON ABADI
Kami menganalisi
rantai nilai dari proses bisnis perusahaan PT. Pentagon Abadi sehingga kami
akan bisa menyarankan proses bisnis mana yang bisa kami sarankan untuk
diinvestasikan teknologinya dan kami mengambil data dengan survey langsung di
tempat penjualan perusahaan atau show room perusahaan

Gambar
Value Chain Perusahaan PT. Pentagon Abadi
Firm
Infrastructure
PT.
Pentagon Abadi memiliki banyak perencanaan kedepan salah satunya dengan bunga
menurun yang ditawarkan untuk kredit 12 bulan sehingga menarik banyak konsumen
untuk memiliki kendaraan bermotor kredit.
Human
Resource Management
Orang-orang
yang bertugas pada perusahaan mempunyai jabatan berdasarkan keahliannya
masing-masing tapi beberapa masih kurang beradaptasi
Technologi
Development
Perusahaan PT.
Pentagon sudah pernah mengiinvestasikan untuk teknologi seperti kamera pengawas untuk keamanan , Aplikasi
pembayaran dan beberapa komputer office
Procurement
Untuk
memperoleh distribusi kendaraan bermotor PT. Pentagon bekerja sama dengan
Perusahaan besar Jepang yaitu YAMAHA dan mengambil segala pemesanan langsung
dikirimkan dari Jakarta
3.3. Potter Forces PT. Pentagon Abadi

-
Pesaing baru sulit untuk bersaing dengan
beberapa perusahaan distribusi yang sudah ada karena memerlukan modal yang
besar serta banyak konsumen yang sudah menjadi langganan ketiga perusahaan ini
-
Untuk mendapatkan harga yang murah PT.
Pentagon Abadi memesan motor dengan memaketkan atau menggrosir , dan perusahaan
ini merupakan perusahaan yang sudah lama bekerja sama dengan Perusahaan
Produsen YAMAHA
-
Perusahaan Distribusi Motor menghadapi dengan
ancaman bisnis oleh pengusaha kredit dan tukar tambah motor yang lebih murah
dalam harga kendaraan tapi masih mempunyai keunggulan para perusahaan karena masih
banyak pelanggan yang setia dan beberapa asumsi besar masyarakat Manado dengan
adanya Produk Baru
-
Begitu besarnya Asumsi dan daya beli
masyarakat Manado dan didukung dengan pembayaran kredit dan promosi di beberapa
event merupakan keuntungan PT. Pentagon
Abadi
-
Untuk bersaing dengan beberapa pesaing seperti
2 perusahaan di atas PT. Pentagon harus berusaha dalam meningkatkan publikasi
di beberapa event dan menginvestasikan beberapa teknologi pembayaran yang lebih
instan
![]() |
|||
![]() |
|||
Tahap 1 :
konsumen pergi ke kantor atau event yang ada penjualan motor oleh PT. Pentagon Abadi beserta membawa berkas-berkas yang diperlukan seperti :
konsumen pergi ke kantor atau event yang ada penjualan motor oleh PT. Pentagon Abadi beserta membawa berkas-berkas yang diperlukan seperti :
1. Kartu keluarga
2. Fotokopi KTP
3. Slip Gaji
Tahap 2 :
Marketing menawarkan produk kepada konsumen dan jenis pembayaran Tunai atau Kredit. Jika Tunai Marketing langsung melihat produk jika ada di tempat showroom maka langsung di check oleh konsumen jika tidak maka marketing akan menghubungi supervisor untuk pengadaan motor. Apabila Konsumen mengajukan pembayaran Kredit maka marketing akan memeriksa berkas-berkas yang ada dan memberikan kepada supervisor
Marketing menawarkan produk kepada konsumen dan jenis pembayaran Tunai atau Kredit. Jika Tunai Marketing langsung melihat produk jika ada di tempat showroom maka langsung di check oleh konsumen jika tidak maka marketing akan menghubungi supervisor untuk pengadaan motor. Apabila Konsumen mengajukan pembayaran Kredit maka marketing akan memeriksa berkas-berkas yang ada dan memberikan kepada supervisor
Tahap 3 :
Supervisor akan
membuat laporan konsumen yang mengajukan kredit dan barang yang sudah jual dari
marketing dan memberikan laporan kepada General Manager
Tahap 4 :
General Manager
akan memberikan tugas kepada bawahannya
untuk mengumpulkan data-data konsumen yang mengajukan Kredit untuk jadi
pertimbangan persetujuan kredit jika menyetujui General Manager akan
menghubungi kepala gudang tentang stok barang
Jika tidak
menyetujui kredit maka GM langsung mengirimkan surat untuk menolak kredit motor
kepada konsumen.
Tahap 5 :
Kepala Gudang
akan memonitori dan membuat laporan keluar masuk barang kepada General Manager
Tahap 6 :
General Manager
mengajukan laporan dan laporan permintaan barang kepada Direktur untuk
persetujuan
Tahap 7:
Setelah disetujui
direktur maka barang akan di pesan dan dikirimkan langsung ke gudang
penyimpanan
Tahap 8 :
Kepala Gudang akan mengirimkan langsung produk ke showroom atau tempat penjualan dan melaporkan kepada GM
Kepala Gudang akan mengirimkan langsung produk ke showroom atau tempat penjualan dan melaporkan kepada GM
Tahap 9 :
Produk di terima supervisor untuk di periksa kelengkapannya sebelum diberikan kepada marketing untuk melakukan transaksi dan membuat laporan tentang penjualan barang serta perlengkapan
Produk di terima supervisor untuk di periksa kelengkapannya sebelum diberikan kepada marketing untuk melakukan transaksi dan membuat laporan tentang penjualan barang serta perlengkapan
Tahap 10 :
Marketing melakukan transaksi langsung dengan konsumen dan membuat bukti pembayaran dan membuat laporan penjualan motor untuk supervisor
Marketing melakukan transaksi langsung dengan konsumen dan membuat bukti pembayaran dan membuat laporan penjualan motor untuk supervisor
Pada Proses
bisnis ini yang perlu di perhatikan :
1. Waktu
Pengadaan Motor memakan waktu minimal 2-3 hari untuk kredit dan max 5 minggu
jika barang masih di order
2. Laporan banyak
yang harus di buat :
- Laporan penjualan marketing ke supervisor
- Laporan Penjualan dan pengajuan kredit
supervisor ke General Manager
- Laporan keluar barang dari gudang kepala
gudang ke General Manager
- Laporan Penghasilan dan orderan General
Manager ke direktur
- Laporan Masuk
barang dari kepada gudang ke General Manager
- Laporan
Kelengkapan Supervisor untuk General Manager


Tahap 1 :
Sama seperti
proses bisnis sekarang konsumen membawa berkas-berkas ke tempat penjualan PT.
Pentagon Abadi
Tahap 2:
Konsumen dapat langsung melihat stok motor yang ada pada penjualan PT. Pentagon dengan dipandu oleh Marketing dan jika pembayaran tunai langsung melakukan transaksi dengan motor yang sudah ada dan sudah diperiksa kelengkapan oleh marketing maka database tercantum dengan kelengkapan yang diiisi oleh kepala gudang dan menginput penjualan motor.
Konsumen dapat langsung melihat stok motor yang ada pada penjualan PT. Pentagon dengan dipandu oleh Marketing dan jika pembayaran tunai langsung melakukan transaksi dengan motor yang sudah ada dan sudah diperiksa kelengkapan oleh marketing maka database tercantum dengan kelengkapan yang diiisi oleh kepala gudang dan menginput penjualan motor.
Jika kredit maka
marketing akan menginput ke database pemohon ijin kredit dan mengisi
kelengkapan berkas-berkas konsumen dan akan di periksa General Manager
Tahap 3:
General Manager
akan memeriksa Database pengajuan kredit dan memberikan persetujuan serta
memonitoring langsung stok-stok barang yang ada. Jika produk belum ada maka
akan terlihat langsung di monitor maka akan di antisipasi oleh GM
Tahap 4 :
Kepala Gudang akan menginput semua barang-barang pemesanan yang masuk ke gudang dan menginput jumlah barang yang keluar dari gudang
Kepala Gudang akan menginput semua barang-barang pemesanan yang masuk ke gudang dan menginput jumlah barang yang keluar dari gudang
Tahap 5:
GM akan menyetujui barang yang keluar dari gudang setelah barang sampai di tempat penjualan
GM akan menyetujui barang yang keluar dari gudang setelah barang sampai di tempat penjualan
Tahap 6:
Marketing mempunyai database yang masuk ke dalam tempat penjualan sehingga dapat langsung melakukan transaksi dan proses transaksi
Marketing mempunyai database yang masuk ke dalam tempat penjualan sehingga dapat langsung melakukan transaksi dan proses transaksi
Perbedaannya :
1. Dalam Database
tempat penjualan GM langsung dapat melihat proses penjualan yang ada dan perlu
adanya fitur laporan
2. Dalam Database
gudang juga GM dapat memonitori dan membuat laporan langsung untuk pemasukan
dan pengeluaran barang membantu GM dapat penyusunan laporan penghasilan kepada
direktur
3. Waktu dapat
dipersingkat dan direktur dapat memonitoringnya langsung
BAB
IV
Kesimpulan
Perusahaan ini
memerlukan Database penjualan dan Database Gudang sesuai permintaan perusahaan
yang didukung dengan fitur pencetak langsung laporan untuk meningkatkan kinerja
dan efektifitas waktu agara dapat bersaing dengan pesaing-pesaingnya yang ada
di Manado.
Dan untuk menunjang pemasaran perlu
adanya website disarankan untuk lebih menarik perhatian konsumen yang ada di
masyarakat Manado
Tidak ada komentar:
Posting Komentar